Kadisdik Dampingi Bupati Serahkan Beasiswa Kepada Ratusan Pelajar Untuk Kuliah di Universitas Nusa Putra Sukabumi

8

berantasonline.com (Sukabumi)

Sebanyak 150 pelajar mendapatkan beasiswa Bupati Sukabumi, mereka adalah orang-orang terbaik yang akan melanjutkan pendidikan di Universitas Nusa Putra Kabupaten Sukabumi. Acara tersebut dilaksanakan di Auditorium Universitas Nusa Putra, Rabu (24/04/2024).

Kegiatan berlangsung dengan khidmat, diserahkan langsung oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami kepada para calon mahasiswa Universitas Nusa Putra penerima beasiswa tersebut yang diserahkan secara simbolis. Dalam pelaksanaannya, Bupati di dampingi Kepala Dinas (Kadisdik) Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha.

Diketahui, terdapat 1.875 peserta yang berebut demi mendapatkan beasiswa Bupati tersebut, namun yang terpilih dan berhak mendapatkannya sebanyak 150 pelajar.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengatakan, pemberian beasiswa ini sebagai bentuk ikhtiar Pemerintah, terutama dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Sukabumi.

“Kami punya tanggungjawab untuk membangun Kabupaten Sukabumi yang maju, salah satunya dengan peningkatan SDM. Ketika kita punya SDM unggul, potensi unggul dan kampus unggul, InsyaAllah daerahpun akan unggul,” ujarnya.

Dalam mewujudkan semua itu, lanjut Bupati, tentu saja perlu kolaborasi dan komitmen bersama, baik dari Pemerintah, Perguruan Tinggi, maupun masyarakat itu sendiri.

“Orang Sukabumi harus maju, mari para orangtua kita dorong anaknya untuk maju. Anak dengan SDM yang luar biasa dapat memajukan daerahnya,” ucapnya.

“Tujuan akhir pemberian beasiswa ini, untuk meningkatkan SDM yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sukabumi milik kita dan harus dimajukan oleh kita bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Nusa Putra, H. Kurniawan mengatakan, program beasiswa Bupati ini telah berjalan selama lima tahun, sehingga telah ada ratusan mahasiswa yang berhasil lewat program ini.

“Tahun kemarin kita telah mengirim mahasiswa terbaik ke Turki, diantaranya mahasiswa penerima beasiswa Bupati,” ungkapnya.

Menurutnya, Universitas Nusa Putra bukannya kampus biasa, sebab Universitas Nusa Putra memiliki akreditas Internasional terbanyak se-Jawa dan Banten. Selain itu, kampus yang memiliki mahasiswa asing terbanyak pula.

“Kita ada kelas Internasional, didalamnya terdapat mahasiswa dari 63 negara. Termasuk pendidiknya pun dari berbagai negara,” terangnya.

Maka dari itu, dirinya mengajak calon mahasiswa untuk berfikir global dari sisi pendidikan. Selain itu, dirinya meminta para orangtua untuk mendukung anaknya berkuliah dan berproses dalam dunia pendidikan di Universitas Nusa Putra.

“Adik-adik yang terpilih, ketika masuk harus bertanggungjawab untuk diri sendiri, orangtua, kampus dan masyarakat. Ketika lulus pun mari kita berkontribusi untuk kampus dan masyarakat,” tandasnya.

(Alex/Ris)