MI Gelarsari Mendapat Makan Gratis Tiap Hari Dari IFSR Jakarta, Kepsek: Semoga Terus Berlanjut

9

berantasonline.com (Sukabumi)

Para pelajar Masdrasah Ibtidaiyah (MI) Gelarsari di Kampung Gelarsari, Desa Boyongsari, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi sangat antusias dengan adanya program makan siang gratis yang disediakan di sekolahnya, mereka juga sangat menikamti hidangan yang disajikan setiap hari tersebut.

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Gelarsari, Solahhudin Sanusi mengatakan, program makan siang gratis tersebut merupakan bantuan dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta.

“Kami mendapatkan donatur dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta, awalnya mereka datang ke sekolah mengutarakan maksudnya memberikan program makan siang gratis, kalau dikasih kan siapa yang tidak mau asal jangan minta aja,” ujar Solahhudin, Senin (29/04/2024).

Program makan siang di MI Gelarsari ini, lanjut Solahhudin, sudah berjalan selama empat bulan. Ia juga menyebutkan program makan siang ini berdampak positif untuk para pelajar.

“Makan gratis di MI Gelarsari itu kira-kira berjalan hampir berjalan 4 bulan. Allhamdulilah setelah berjalan cukup bagus respon ke anak, juga ke orang tua. Dalam belajar juga itu luar biasa sekali, menambah semangat belajar anak-anak,” jelasnya.

“Jadi sebelum ada makan gratis, biasanya anak-anak itu dateng jam tujuh sampai jam setengah delapan, sekarang itu jam enam anak-anak sudah ada yang dateng,” sambungnya.

Ia juga menjelaskan bahwa makanan yang disediakan dalam program ini sangat teratur dan menyehatkan, sesuai dengan prinsip 4 sehat 5 sempurna.

“Menu makanan diatur dengan baik, ada nasi, lauknya daging, buah-buahan seperti jeruk, manggis, apel, korma jadi bergiliran kalau buah buahan beda beda, susu, dan sayur-sayuran. Ini sesuai dengan prinsip 4 sehat 5 sempurna,” ucapnya.

“Disini itu 170 porsi, MI, dengan Tsyanawiah dengan Paud juga. Jadi setiap hari setengah sembilan suka ada yang dateng kesini makan diantar sama mobil, anak-anak tuh tinggal makan,” terangnya.

Solahhudin berharap, program makan siang ini dapat terus berlanjut dengan baik dan memberikan manfaat yang maksimal bagi para pelajar.

“Ya mudah-mudahan kedepannya berjalan seperti yang telah berjalan seperti ini, jangan berkurang, lebih sih boleh berkurang jangan, bisa dilihat kan kalau lebih rendah dari ini wah itu engga baik,” tandasnya.

(Alex/Ris)