Kaleidoskop Capaian Kabid PAUD Selama 5 Tahun Mengabdi di Disdik Kabupaten Sukabumi

9

berantasonline.com (Sukabumi)

Rekam jejak kaleidoskop capaian kinerja Kepala Bidang (Kabid) PAUD, Elis Saja’ah selama 5 tahun saat mengabdi di Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi menjadi bukti atas capaian indikator kinerja bagi Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat.

Saat dikonfirmasi awak media, Selasa (09/04/2024) Elis membeberkan capaian kinerja selama 5 tahun, berikut 15 prestasi dan penghargaan yang diraih Elis Saja’ah periode kerja 2020 hingga 2024,

  1. Tahun 2021 bidang PAUD raih penghargaan dari BAN PAUD Provinsi Jawa Barat sebagai Akreditasi PAUD terbanyak di Provinsi Jawa Barat dalam peningkatan mutu PAUD di Kabupaten Sukabumi.
  2. Penghargaan serupa juga diterima di tahun 2022 dan 2023. Perlu diketahui bahwa akreditasi PAUD merupakan pengakuan akan kelayakan sebuah Lembaga PAUD, dimana instrumennya mengacu kepada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).
  3. Selama 13 tahun mulai 2008 hingga 2020 lembaga PAUD terakreditasi di Kabupaten Sukabumi hanya berjumlah 642 lembaga. Namun hanya dalam 1 tahun di tahun 2021, lembaga yang diakreditasi di Kabupaten Sukabumi mencapai 785 lembaga.
  4. Menjadi Narasumber di kegiatan Rakor yang dilaksanakan oleh BAN PAUD Provinsi Jawa Barat terkait praktik, baik upaya dan strategi yang dilakukan dalam Akselerasi Pencapaian Akreditasi di Kabupaten Sukabumi.
  5. Di Bulan Maret 2021 bersama Bunda PAUD Kabupaten Sukabumi berhasil membentuk Pokja Bunda PAUD Kabupaten Sukabumi dan menjabat sebagai Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Sukabumi periode 2021-2026 dengan 3 agenda Nasional yang diusung yaitu APK, Stunting dan PAUD HI.
  6. APK PAUD Kabupaten Sukabumi tahun 2021 berhasil raih pencapaian diatas Provinsi yakni Kabupaten Sukabumi 36%, Provinsi 34%.

Dan di tahun 2022 APK Kabupaten Sukabumi naik di angka 39% masih di atas Provinsi.

Sementara di tahun 2023, APK PAUD Kabupaten Sukabumi masuk ke 13 Kabupaten/Kota yang APK nya diatas APK Nasional dengan angka di 47,98%, Provinsi di angka 45,79 %, Nasional di angka 45,98 %.

  1. Inovasi di PAUD HI atau Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Pemenuhan 5 kebutuhan Dasar Anak meliputi Pendidikan, Kesehatan, Pola Asuh, Perlindungan, dan Kesejahteraan.

PAUD HI juga sebagai salah satu program yang menunjang Kabupaten Layak Anak (KLA).

Saat Elis menjabat 58% dari jumlah 2471 Lembaga PAUD di Kabupaten Sukabumi yang ditetapkan sebagai PAUD HI.

  1. Penetapan PAUD HI mendorong terealisasinya janji politik Bupati Sukabumi yang akan memberikan Dana BOP PAUD dari APBD.

Pada tahun 2022 sudah terealisasi sebesar 381 juta untuk 703 Lembaga PAUD. Sementara di tahun 2023 terealisasi sebesar 351 juta untuk 642 Lembaga PAUD.

Untuk tahun 2024 telah dianggarkan sebesar 300 juta dan tahun 2025 untuk menuntaskan janji politik Bupati sesuai dengan RKPJM maka dianggarkan 277 juta.

  1. Pokja Bunda PAUD yang dilahirkan oleh Dinas Pendidikan di tahun 2021 mengukir sejarah bagi dunia PAUD di Kabupaten Sukabumi.

Pada tahun 2022 Program Kerja Pokja Bunda PAUD mendapat apresiasi dari Kemendikbudristek sebagai Program Kerja terbaik Nasional, sehingga Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Sukabumi diminta menjadi Narasumber tingkat Nasional untuk Praktik Baik Program Kerja Pokja Bunda PAUD.

  1. Di awal Tahun 2023 Pokja Bunda PAUD Kabupaten Sukabumi mengikuti Apresiasi Pokja Bunda PAUD tingkat Provinsi, Alhamdulillah meraih Predikat Teladan 1 Tingkat Provinsi Jawa Barat.
  2. Keberhasilan dari Apresiasi Bunda PAUD yang mengusung Program Apresiasi Bunda PAUD Aksi Nyata Bunda PAUD Kabupaten Sukabumi Dalam Penguatan Transisi PAUD SD yang menyenangkan dengan inovasi ‘FOSE SORE’.
  3. Transisi PAUD SD yang menyenangkan, merupakan Kurikulum Merdeka Belajar (KMB) yang digulirkan oleh Kemendikbudristek dalam Episode 24.

Dengan keberhasilan di tingkat Nasional, ini menunjukkan bahwa Kabupaten Sukabumi mampu menunjukkan kualitasnya dalam mendukung suksesnya Program Pemerintah dalam dunia Pendidikan.

  1. Kebanggaan yang melengkapi perjalanan Pokja Bunda PAUD, di pertengahan tahun 2023 pada Hari Anak Nasional Pokja Bunda PAUD meluncurkan Buku Cerita ‘Simi Penyu Yang Kuat’.

Buku ini merupakan buku cerita yang sarat muatan lokal untuk membangun kecintaan anak-anak terhadap daerahnya sendiri Kabupaten Sukabumi yaitu seekor Penyu bernama SIMI (Sukabumi) miliki sahabat seekor kepiting yang bernama UTENG (Ujung Genteng).

  1. Pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) dimana Simi Pokja Bunda PAUD dijadikan Icon Kabupaten Sukabumi.
  2. Penerima Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya XXX yang diberikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan disematkan oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami. Diterimanya tepat satu hari menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 77.

Saat ini, Elis dipercaya menjabat Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sukabumi.

(Alex/Ris)