Pemkab Sukabumi Mendapat Penilaian Kategori Baik SPM Award 2024 di Jakarta

7

berantasonline.com (Jakarta)

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman menghadiri acara Standar Pelayanan Minimal (SPM) Award 2024 yang diselenggarakan di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (24/04/2024).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), John Wempu Wetipo. Dalam sambutannya, Wamendagri mengatakan, pelaksanaan SPM di daerah setiap tahunnya meningkat.

Ia berharap, capaian SPM kedepan bisa lebih baik dan meningkat lagi, serta dalam tahun ini harus bisa mencapai tuntas paripurna, yakni 100 persen sesuai dengan target yang ditetapkan oleh RPJMN tahun 2019-2024.

Selain itu, harus meningkatkan strategi dan inovasi dalam penyelenggaraan SPM serta memastikan integrasi dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah.

“Memperkuat tim penerapan SPM serta mengawal pelaksanaan rencana aksi yang sudah ditetapkan. Kemudian, memastikan penerapan SPM dilaporkan dengan baik melalui aplikasi e-SPM setiap triwulannya,” ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Restuardy Daud menyampaikan, SPM Award 2024 dilaksanakan untuk meningkatkan komitmen Kepala Daerah dalam menjalankan urusan yang berkaitan dengan pelayanan dasar.

“Mendorong penerapan SPM di daerah dilaksanakan secara optimal, melakukan pembinaan umum dan teknis serta meningkatkan koordinasi tim sekretariat bersama tingkat Pusat dengan tim penerapan SPM Provinsi dan Kabupaten/Kota,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Sekda Kabupaten Sukabumi menyampaikan, dibeberapa sektor pelaksanaan SPM seperti di Disdik, Dinkes, Dinas PU, Perkim dan Dinsos terus kita upayakan agar bisa terlaksana sebaik mungkin.

“Kita ketahui bahwa kategori SPM itu adalah utama dan paripurna. Alhamdulillah penilaian untuk Pemkab Sukabumi mendapat kategori baik, karena harus ada komitmen bersama dalam meningkatkannya. Semoga kedepannya penyelenggaraan SPM di Pemkab Sukabumi kualitasnya terus meningkat,” tutupnya.

(Alex/Ris)