Pemkab Sukabumi Mendapat Penghargaan Inovasi Pembangunan Terbaik, DPRD Berikan Apresiasi

11

berantasonline.com (Sukabumi)

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi, Deni Gunawan mengapresiasi capaian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi dalam inovasi pembangunan. Terbaru, Pemkab Sukabumi meraih penghargaan inovasi pembangunan terbaik 2024 dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Menurut Deni, perencanaan pembangunan menjadi sangat penting dalam rangka mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Selain meraih apa yang sudah direncanakan, pembangunan daerah juga harus seiring sejalan dengan Pemerintah di level atasnya baik Provinsi hingga Pusat.

“Apa yang dilakukan Pemkab hingga mendapatkan penghargaan inovasi pembangunan adalah upaya untuk merealisasikan tujuan dari kerja Pemerintah Daerah,” ujar politisi Partai Golkar ini, Selasa (23/04/2024).

Untuk itu, Deni mengapresiasi capaian dan berharap Pemkab melalui jajarannya terus melakukan perbaikan, baik dalam hal perencanaan maupun pelaksanaannya.

“Evaluasi diperlukan agar tujuan dari pembangunan daerah, provinsi dan nasional bisa berkesinambungan,” ucapnya.

Diketahui, Pemkab Sukabumi meraih penghargaan sebagai Kabupaten dengan inovasi pembangunan terbaik tahun 2024. Penghargaan diterima Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri mewakili Bupati pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Provinsi Jawa Barat tahun 2025-2045 pada 22 April 2024 kemarin.

Penyerahan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2024 bertempat di The Trans Luxury Hotel, Bandung. Dihadiri oleh Menpan RB Abdullah Azwar Anas, Rektor IPDN, Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo., M.M , Gubernur Jawa Barat beserta jajaran, unsur Bappenas dan Bupati/Walikota se-Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin mengatakan, Musrenbang diselenggarakan dalam rangka penyusunan RPJP Provinsi Jawa Barat Tahun 2025-2045 dan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Barat Tahun 2025.

Pada kesempatan itu, Pj. Gubernur menekankan pentingnya membangun konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan. Hal ini untuk memastikan bahwa semua program dan kegiatan pembangunan berjalan sesuai dengan rencana dan mencapai tujuan yang diharapkan.

“Pelaksanaan pembangunan di Jawa Barat akan difokuskan pada Membangun Konsistensi Perencanaan, Penganggaran, Pelaksanaan, dan Pengawasan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wabup Sukabumi mengucapkan rasa syukurnya karena pada pelaksanaan Musrembang tahun ini, dimana Kabupaten Sukabumi mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten dengan inovasi pembangunan terbaik tahun 2024.

“Alhamdulilah saat ini pembangunan telah berjalan dengan baik, Kita juga akan merencanakan program pembangunan dua puluh lima tahun kedepan dan juga program perencanaan pembangunan lima tahunan serta satu tahunan,” tandasnya.

(Alex/Ris)