Siswa SMAN 1 Cikakak Raih Juara 1 Duta Baca Pelajar Se-Kabupaten Sukabumi 2024

18

berantasonline.com (Sukabumi)

Salah satu siswa dari SMA Negeri 1 Cikakak Kabupaten Sukabumi, Alvan Frilian berhasil terpilih menjadi Juara 1 Duta Baca Pelajar tingkat SMA/SMK/MA sederajat se-Kabupaten Sukabumi Tahun 2024 yang diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi, Minggu (03/03/2024).

Alvan berhasil menjadi juara pertama kategori putra, setelah mengalahkan puluhan finalis lainnya se-Kabupaten Sukabumi.

“Ya tentunya merasa bangga dengan pencapaian Alvan bisa menjadi Winner Duta Baca Kabupaten Sukabumi, dan tentu saja kemenangan itu tidak hanya berasal dari do’a dan usaha Alvan sendiri, namun juga beberapa do’a dukungan dari beberapa pihak yaitu orang tua dan keluarga serta Kepala SMAN 1 Cikakak dan seluruh pelajar SMAN 1 Cikakak,” terang Alvan.

Untuk itu, ia pun mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang mendo’akan dan mendukungnya hingga berhasil dengan capaian yang membanggakan ini. Siswa yang saat ini masih duduk di kelas XI itu mengatakan sebelum dinobatkan sebagai juara, ia harus mengikuti beberapa seleksi terlebih dahulu dan mengikuti karantina selama tiga hari.

Alvan mengaku tertarik mengikuti pemilihan Duta Baca ini, selain karena hobi membaca karena ingin menambah pengalaman serta wawasan. Selain itu juga untuk melatih kepemimpinan dan meningkatkan kedisiplinan dirinya.

“Saya mengikuti duta ini termotivasi juga dari beberapa alumni yang pernah mengikuti duta ini karena didalam hidup saya selalu terlintas suatu perkataan dari orang tua saya yaitu, Tidak ada manusia yang pintar dan cerdas dari lahir, semua tergantung kemauan dan niat kita untuk bisa menjadi apa yang kita mau,” ungkapnya.

oleh karena itu, ia pun selalu punya rasa ingin mencoba terhadap suatu hal yang memang ingin digapai. Sementara itu, untuk program yang dibawa oleh Alvan untuk meningkatkan literasi khususnya dilingkungan Kabupaten Sukabumi yaitu Program “Peduli Sekolah” atau Pemilihan Duta Literasi Sekolah.

Sehingga, lanjut Alvan, mampu menciptakan penerus yang unggul dalam berliterasi dan menambah motivator baik di lingkup sekolah maupun masyarakat, serta menjadi ajang penyeleksian untuk mengikuti duta literasi di tingkat Kabupaten Sukabumi di tahun yang akan datang, serta mengajak segenap Pemerintah berkolaborasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap literasi.

“Ketika program kerja saya berjalan dengan lancar di lingkungan sekolah saya sendiri, maka saya akan memperluas ke sekolah-sekolah menengah yang ada di Kabupaten Sukabumi agar menjadi penerus yang unggul untuk kedepannya, dan sudah mengerti mengenai literasi serta menciptakan penerus untuk literasi lebih bagus,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 1 Cikakak Bidang Kesiswaan, Entin Kartini mengaku sangat bangga dengan capaian yang diraih oleh salah satu siswanya tersebut.

“Alhamdulillah tentunya sangat bersyukur dan bangga atas apa yang telah dicapai oleh salah satu siswa SMAN 1 Cikakak yaitu ananda Alvan Frilian,” ucapnya.

Menurutnya, Alvan merupakan siswa yang pintar, rajin dan juga baik dikalangan teman-temannya. Selain itu, ia juga aktif di berbagai organisasi sekolah dan saat ini Alvan menjabat sebagai Ketua Osis SMAN 1 Cikakak, bahkan Alvan aktif sebagai anggota Forum Osis Kabupaten Sukabumi (Foksi).

“Untuk aktivitas dan kemampuan membaca, Alvan selama ini memang sangat baik, sehingga berpengaruh pada prestasi belajarnya dan aktivitas yang lainnya. Untuk itu, saya optimis Alvan bisa menjadi juara,” imbuhnya.

Soal Duta, siswa SMAN 1 Cikakak memang bukan kali ini saja diraih oleh sekolahnya tersebut. Sebelumnya beberapa siswa dari SMAN 1 Cikakak berhasil menjadi duta. Seperti pada tahun 2023, salah satu siswinya, Ineu terpilih menjadi Duta Literasi Kesehatan. Dan tahun 2022, Robi Satrio meraih Runner up 1 terbaik Duta Baca Kabupaten Sukabumi.

“Besar harapan kami, ananda Alvan tidak cukup puas sampai disini, tetapi terus dapat meningkatkan kemampuannya dan mempertahankan prestasinya. Selain itu, dapat menjadi motivasi bagi rekan-rekannya, baik yang ada di lingkungan sekolah maupun diluar sekolah,” harapnya.

(Alex/Ris)