Mahasiswa UNP Resmikan Pojok Ekonomi Kreatif Demi Mendukung Kemajuan UMKM di Desa Karangpapak

9

berantasonline.com (Sukabumi)

Dalam rangka mendukung kemajuan UMKM, Mahasiswa Universitas Nusa Putra (UNP) meresmikan Pojok Ekonomi Kreatif, di Hotel Pantai Mutiara Desa Karangpapak Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, Senin (18/03/2024).

Pojok Ekonomi Kreatif merupakan program unggulan dari mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nusa Putra dalam rangka mendukung kemajuan ekonomi kreatif di Desa Karangpapak.

Dosen Pembimbing KKN Desa Karangpapak Universitas Nusa Putra, Agung Maulana mengatakan, Pojok Ekonomi Kreatif ini merupakan inisiasi mahasiswa KKN untuk menjembatani kolaborasi antara pelaku ekonomi lokal dengan pihak resort, hotel dan villa di Desa tersebut, yakni Hotel Pantai Mutiara, Villa Kasep Geulis, dan Villa Putih.

Dalam kegiatan tersebut, produk UMKM Desa Karangpapak ditempatkan di etalase Pojok Ekonomi Kreatif Resort/Hotel yang telah dibuat, sebagai langkah awal untuk meningkatkan eksposur produk lokal.

“Para mahasiswa ini telah memberikan kontribusi berharga dalam berbagai bidang yang dikemas dalam program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat mulai dari pendidikan, perekonomian dan infrastruktur. Semangat dan dedikasi mereka telah menjadi pilar utama dalam kemajuan Desa Karangpapak,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi yang diwakili oleh Nasrudin Haetami dalam sambutannya menuturkan, peresmian Pojok Ekonomi Kreatif ini merupakan langkah progresif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

”Kolaborasi ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengembangan pariwisata dan ekonomi Desa,” imbuhnya.

Camat Sisolok, Jaenal Abidin yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah mahasiswa KKN Univrsitas Nusa Putra yang telah berperan aktif mendukung kemajuan Desa, khususnya mendukung para pelaku usaha ekonomi kreatif dalam memasarkan produknya.

“Kami sangat bangga dan mengapresiasi upaya Mahasiswa KKN Universitas Nusa Putra dalam membangun kerjasama yang erat antara pelaku ekonomi kreatif dengan sektor pariwisata. Ini merupakan langkah yang tepat dalam mendukung pembangunan ekonomi di Kecamatan Cisolok,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Karangpapak, Agus Supriatna berharap, dengan diresmikannya Pojok Ekonomi Kreatif di sejumlah hotel dan resort dapat menjadi langkah yang tepat dalam menghadirkan peluang baru bagi pelaku ekonomi lokal.

”Saya berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi masyarakat Desa,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Kelompok KKN Universitas Nusa Putra, Rip’an Mukti menjelaskan, Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program wajib bagi mahasiswa Universitas Nusa Putra untuk berkontribusi langsung pada masyarakat. Di Desa Karangpapak, sejumlah mahasiswa dari berbagai jurusan telah berpartisipasi dalam program ini dengan penuh semangat dan dedikasi.

”Kami bangga bisa menjembatani kolaborasi ini. Setelah peningkatan standar kualitas dari produk ekonomi kreatif mulai dari kemasan, legalitas, manajemen keuangan usaha hingga efisiensi produksi, akhirnya kita bisa meningkatkan nilai dari produk ekonomi kreatif untuk beberapa target pasar yang berbeda,” terangnya.

“Peresmian Pojok Ekonomi Kreatif ini, menandai langkah awal dalam memperkuat sinergi antara pelaku ekonomi kreatif dan sektor pariwisata, serta mengembangkan potensi ekonomi lokal di Desa Karangpapak,” pungkasnya.

(Alex/Ris)