11 Pelajar SMP Khalifah Boarding School Sukabumi Sabet 5 Medali Di Ajang Kompetisi Robotik Tingkat Jabar

9

berantasonline.com (Sukabumi)

Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan 11 pelajar SMP asal Kabupaten Sukabumi pada kompetisi robotik tingkat Jawa Barat (Jabar).

Ke 11 pelajar dari SMP Khalifah Boarding School, Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi tersebut berhasil meraih 5 medali kejuaraan, sehingga dinobatkan sebagai juara umum dan berhak mendapatkan Piala Bergilir Piala Wali Kota Sukabumi pada ajang kompetisi robotik yang diselenggarakan Sukarobot Sukabumi bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi Tingkat Regional Jawa Barat, Selasa (05/03/2024).

Pelajar dari SMP Khalifah Boarding School tersebut berhasil menyisihkan ratusan pelajar jenjang SMP lainnya yang diikuti berbagai sekolah dari Jawa Barat, mulai dari Bogor, Depok, Bandung hingga Tangerang.

Adapun siswa yang berhasil menorehkan prestasi membanggakan tersebut diantaranya Best Challange Merakit Cepat Challange SMP yang diraih oleh Gustav Azkal Yafi Yassar dan Azkal Muhammad Ozhiel, Juara 1 kategori Creative Inovasi SMP oleh Jaka Putra Purnama dan Muhammad Fariz Ramdhani H, Lomba Merakit Cepat Challange SMP oleh Shahfaraz Akhtar Widad dan M. Atha Naufal Ramadhan, Best Writing Robot Kreatif Inovasi SMP oleh Satria Lutfhi Nurmuhid dan Ksatria Wijaya, Juara 3 Creative Inovasi SMP oleh Qaiz Alfatah dan Jovan Farsa Gunawan serta Juara 3 Creative Inovasi SMP diraih oleh Adlin Reniawati Nurmilah.

Tentunya prestasi ini mendapat sambutan hangat dari SMP Khalifah Boarding School. Wakil Kepala SMP Khalifah Bidang Kurikulum Mahmud Jaenudin menuturkan, pihak sekolah sangat bangga dengan apa yang ditorehkan oleh para siswanya tersebut. Apalagi ini kompetisi robot pertama yang diikuti oleh sekolahnya.

”Berkat kerja keras anak-anak, mereka berlatih satu minggu sekali dan kebetulan di sekolah kami ada ekskul robotik, sehingga hasil dari kerja keras itu kami mendapatkan juara umum,” terangnya.

Diakuinya antusias siswa terhadap ekskul robotik di sekolahnya cukup tinggi. Saat ini, ekstrakurikuler robotik di SMP Khalifah Boarding School diikuti 30 siswa.

“Merajuk pada Kurikulum Merdeka, dimana siswa diarahkan sesuai minat dan bakatnya. SMP Khalifah Boarding School mendukung dan siap mewadahi setiap potensi yang dimiliki oleh para siswanya termasuk dibidang robotik,” paparnya.

Menurutnya, sistem pembelajaran di SMP Khalifah Boarding School tidak hanya berfokus pada materi kontekstual saja, tetapi juga diseimbangkan dengan non kontekstual.

”Ekskul ini sudah tiga tahun berdiri, InsyaAllah ini kedepan akan kita terus kembangkan dan kita dukung, sehingga berharap dari kegiatan ekskul robotik ini lahir sebuah inovasi teknologi yang bermanfaat dari siswa-siswi kami,” pungkasnya.

(Alex/Ris)