Jalan Desa Naik Status Jadi Jalan Kabupaten, Kades Beserta Warga Berterimakasih Kepada Pemkab Sukabumi

9

berantasonline.com (Sukabumi)

Kepala Desa (Kades) beserta warga Tenjolaut Kecamatan Cidadap Kabupaten Sukabumi, berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Dinas Pekerjaan Umum (PU), UPTD PU Wilayah Sagaranten, serta Forkopimcam, dimana jalan utama di wilayah Desa tersebut naik status menjadi jalan Kabupaten.

“Tentu sangat bersyukur. Dengan naiknya status jalan Cikarang-Tenjolaut beban Pemdes dibidang pembangunan khususnya infrastruktur jalan menjadi sedikit berkurang. Spesifiknya dalam upaya membebaskan Tenjolaut dari keterisoliran, sekaligus jadi penghubung Kecamatan CIdolog dengan Kecamatan Cidadap,” ujar Kepala Desa Tenjolaut, Soleh, Selasa (26/03/2024).

Soleh menjelaskan, Perubahan status jalan ini, dinantikan hampir 10 tahun lamanya. Pada tahun 2012, jalan itu hanya jalan ke kebun. Kemudian satu tahun berikutnya, Pemdes menjadikan jalan tersebut sebagai jalan Desa dengan memperlebar badan jalan rata-rata lebar 3,5 meter.

“Karena akses utama melalui arah Desa Hegarmulya terkendala sungai Cikidang,” jelasnya.

Pada tahun 2020, lanjut Soleh, Pemdes Tenjolaut kembali memperlebar ruas jalan Cikarang-Tenjolaut tersebut dari yang semula hanya lebar 3,5 m menjadi rata rata lebar 6 meter.

“Tahun 2021 mulai diusulkan dan 2023 terlaksana naik menjadi jalan Kabupaten.
Selain oleh Pemdes, jalan tersebut juga dibangun oleh Kodim melalui program Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) berupa perkerasan sepanjang 2,8 kilometer,” ungkapnya.

Menurut Soleh, di ruas tersebut kondisi jalannya masih ada yang berupa tanah, sehingga warga berharap Dinas PU untuk melakukan pembangunan berupa pengaspalan di ruas jalan tersebut.

“Jalan tanah ada 1 kilometeran, ada yang dicor 500 meter, selebihnya diperkeras. Warga Tenjolaut sangat berharap PU segera bangun ruas jalan itu,” ucapnya.

Sementara itu, Kabag TU UPTD PU Wilayah Sagaranten, Ami Amalia memastikan bahwa sesuai SK yang dibacanya, status ruas Cikarang-Tenjolaut naik menjadi jalan Kabupaten pada 29 September 2023.

“Jalan penghubung Kecamatan Cidadap dengan Kecamatan Cidolog, dengan panjang 5.190 meter,” terangnya.

Ami memastikan, masukan warga terkait pembangunan ruas jalan tersebut sudah diusulkan ke bagian perencanaan Dinas PU Kabupaten Sukabumi.

(Alex/Ris)