Beberapa Bulan Mengalami Kekosongan, Akhirnya Dinas PU Kabupaten Sukabumi Memiliki Pimpinan Baru

11

berantasonline.com (Sukabumi)

Jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi beberapa bulan mengalami kekosongan semenjak ditinggalkan Asep Japar yang purnatugas pada 1 Desember 2023 lalu, sehingga harus diisi sementara oleh Pelaksana Tugas (Plt), mulai dari Eka Nandang Nugraha hingga Judi Sukandar.

Kini Dinas PU memiliki Kepala Dinas definitif setelah Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami melantik Dede Rukaya berdasarkan Surat Keputusan Bupati Sukabumi Nomor: 800.1.3.2/Kep.231-BKPSDM/2024 tanggal 5 Maret 2024.

Bupati Sukabumi melantik Dede Rukaya bersama 286 orang lainnya dalam acara pengambilan sumpah dan janji jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator dan pejabat pengawas di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi, Rabu (06/03/2024).

Sementara itu, Dede mengaku bersyukur mendapat amanah dan kepercayaan dari Bupati untuk memimpin Dinas PU. Ia pun memastikan akan menjalankan semaksimal mungkin pesan dan amanat dari Bupati terkait percepatan pembangunan di Kabupaten Sukabumi.

“Saya bersyukur kepada Allah SWT, mendapat amanah dan kepercayaan dari pimpinan. Selaku Kepala Dinas PU tentunya bertugas membantu Bupati dalam meningkatkan kualitas infrastruktur layanan dasar dan penunjang ekonomi, sesuai dengan misi daerah meningkatkan konektivitas dan pertumbuhan wilayah. Yaitu tingkat kemantapan jalan dan tingkat kondisi baik jaringan irigasi,” ujarnya.

Dede mengatakan, Dinas PU harus mampu meningkatkan kemantapan jalan dan jembatan kewenangan Kabupaten dalam mendukung aksesibilitas, terutama sektor agribisnis dan pariwisata unggulan serta jaringan irigasi berkondisi baik dalam mendukung ketahanan pangan daerah.

“Guna mencapai dua hal di atas, tentunya perlu kolaborasi pentahelix multipihak dengan prinsip kesetaraan dan saling menguntungkan,” katanya.

Diketahui, sebelum dilantik jadi Kepala Dinas PU, Dede Rukaya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Sukabumi.

Selama 15 tahun memulai karier sebagai pejabat eselon III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Dede lama berkiprah di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Mulai dari Kepala Bidang Aset BPKAD selama 8 tahun, kemudian jadi Sekretaris BPKAD selama 4 tahun.

Setelah itu, Dede kemudian dipercaya menjadi Kepala Bagian Administrasi Pembangunan pada Sekretariat Daerah selama 2 tahun 1 bulan dan terakhir menjabat Sekdisperkim selama 5 bulan.

(Alex/Ris)