Amblasnya Ruas Jalan Utama, Dinas PU Kabupaten Sukabumi Bangun Jalan Darurat

9

berantasonline.com (Sukabumi)

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi lakukan pembangunan jalan darurat sebagai alternatif pengganti ruas jalan Kabupaten yang amblas di Kampung Cisepan Desa Cibuntu Kecamatan Simpenan.

Kepala UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu, Edi Mulyadi mengatakan, pembangunan jalan darurat tersebut sudah dimulai dan dipastikan di momen mudik Lebaran 2024 bisa jadi akses alternatif bagi transportasi darat masyarakat.

“Jadi pembangunan jalan itu dipindahkan streking dari yang longsor ke sebelahnya. Sekarang sudah perkerasan tinggal dipadatkan. Mesinnya sudah di lokasi,” ungkapnya, Sabtu (30/03/2024).

Jalan darurat tersebut, lanjut Edi, memiliki panjang 50 meter dan lebar 4 meter dengan konstruksi pemadatan bakal memakai sistem telford dan diatasnya dihampar beskos untuk kemudian dipadatkan memakai mesin gilas atau stum 6-8 ton.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan memperbaiki saluran drainase sebagai tindakan antisipasi agar jalan darurat itu tidak terkena amblas susulan karena air hujan.

“Air hujan nantinya akan kesaluran yang ada, biar air gak ngalir ke area yang amblas dan menimbulkan longsoran susulan yang lebih besar lagi,” jelasnya.

Menurut Edi, progres penanganan perkerasan sementara jalan darurat ini sudah hampir 100 persen. Mulai hari Selasa 2 April 2024 mendatang sudah bisa dilintasi kendaraan roda empat.

“Pembebasan tanah untuk jalan darurat tersebut dilakukan oleh pihak Desa Mekarsari dan Desa Cibuntu serta pak Camat. Untuk anggaran BPBD, dan PU yang menyediakan alat berat serta melakukan pengerjaannya,” ucapnya.

“Adapun tindak lanjut untuk perbaikan jalan utama yang amblas, harus diadakan pengkajian terlebih dahulu terkait keadaan kontur tanahnya. Dan harus di beton apa di beronjong area disitu,” tandasnya.

(Alex/Ris)