Jalan Amblas Dampak Cuaca Ekstrim, Dinas PU Kabupaten Sukabumi Rencanakan Perbaikan

9

berantasonline.com (Sukabumi)

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi rencanakan perbaikan jalan di kampung Cisepan Desa Cibuntu Kecamatan Simpenan yang rusak amblas akibat tergerus tanah longsor dampak cuaca ekstrim yang terjadi beberapa waktu lalu.

Kepala UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu, Edi Mulyadi mengungkapkan, sejak hari pertama jajaran Dinas PU mendapat laporan dan langsung melakukan pengecekan bersama jajaran Forkompimcam Simpenan, Pemdes Cibuntu, serta unsur terkait lainnya.

Hingga saat ini, lanjut Edi, jajaran Dinas PU terus intens melakukan koordinasi dengan semua unsur terkait dari jajaran Forkompimcam Simpenan, Pemerintah Desa setempat untuk penanganan sementara agar jalan penghubung tiga Desa dan dua Kecamatan tersebut bisa dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

“Upaya penangan kami di PU dari kemarin koordinasi dengan pihak Desa, pihak Kecamatan, BPBD dan semua unsur Pemerintah. Kemarin ada rencana untuk sementara akses jalan pindah streking kesebelah kebun masyarakat,” ungkapnya, Selasa (19/03/2024).

Edi menjelaskan, jajaran Pemerintah Desa dan Kecamatan sudah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pemilik tanah atau lahan yang akan dilalui kendaraan bermotor tersebut.

“Iya pihak Desa dan Kecamatan sudah koordinasi ke yang punya tanah, tinggal pihak PU dan BPBD untuk pelaksanaannya,” jelasnya.

Adapun untuk penanganan kedepannya, pihak Dinas PU akan menganggarkan untuk perbaikan dengan penanganan konstruksi jangka panjang.

“Serta mengkaji unsur tanah di daerah itu dan atau dipindahin strekingnya, bikin program pembebasan tanah masyarakat,” paparnya.

“Saat ini kondisi di jalan tersebut kendaraan roda 2 sudah bisa melalui jalan itu, cuman roda 4 belum bisa, area lokasinya masih berbahaya,” pungkasnya.

(Alex/Ris)