Sisa Masa Jabatan Pemkab Sukabumi Masih Ada “PR”, DPRD: Masih Ada Waktu Untuk Wujudkan Visi Misi

9

berantasonline.com (Sukabumi)

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar menyebut masih ada sejumlah PR (Pekerjaan Rumah) yang perlu diperbaiki Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi di satu tahun sisa masa jabatan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami dan Wakil Bupati, H. Iyos Somantri.

Hal itu disampaikan Hera usai mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi yang beragendakan Penyampaian Nota Pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Sukabumi Tahun Anggaran 2023, Kamis (28/03/2024).

Menurut Politisi Partai Gerindra itu, masalah pengangguran, stunting, tepat sasaran Bantuan Sosial (Bansos) dan Infrastruktur jalan masih menjadi “PR” bagi Pemda Kabupaten Sukabumi diantara keberhasilan yang disampaikan.

“Ayo Pemerintah kerja lebih keras lagi, masih ada waktu satu tahun untuk mewujudkan Visi Misi yang dijanjikan, biar masyarakat merasakan hasil dari pembangunan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami dalam laporannya menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Sukabumi telah berupaya akuntabel dalam melaksanakan Visi dan Misi yang terukur terhadap indikator kinerja daerah sebagaimana ditetapkan menjadi Indikator Kinerja Utama (IKU) daerah.

“Capaian indikator utamanya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang beriman, berbudaya dan berdaya saing. Indikator tersebut diindikasikan mengalami peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 69.72 poin,” Jelas Bupati.

Untuk indikator kedua, lanjut Bupati, adalah peningkatan produktivitas dan daya saing ekonomi berbasis agrobisnis dan pariwisata berkelanjutan, diindikasikan dengan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) berada di 5,17 persen.

“Adapun capaian indikator peningkatan konektivitas untuk percepatan pertumbuhan tujuan Misi kedua wilayah dengan Indeks Kepuasan Layanan Infrastruktur (IKLI) ditargetkan 2,70 persen,” tuturnya.

Selanjutnya Bupati menyebut Indikator peningkatan kualitas pelayanan publik yang inovatif profesional dan akuntabel sebesar 63 poin dengan indeks reformasi birokrasi 64,00 poin.

“Tahun 2023 Kabupaten Sukabumi melaksanakan program yang ditetapkan dalam RPJMD 2021-2026 sebanyak 155 program dari 215 indikator kinerja. Bahkan, capaian kinerja penerapan SPM tahun 2023 mencapai 97,73 persen dengan kategori tuntas utama,” ujarnya.

“Tak hanya itu, Pemda Kabupaten Sukabumi telah menorehkan puluhan prestasi sepanjang tahun 2023 sebanyak 74 penghargaan. Keberhasilan tersebut merupakan hasil kolaborasi semua pihak dalam mendukung pembangunan suatu daerah,” tandasnya.

(Alex/Ris)