Polsek Rancabungur Usut Tempat Pembuangan Sampah Illegal di Bantaran Sungai Cisadane

162

BOGOR, BERANTAS

Petugas Polsek Rancabungur, Senin (22/4) mendapati aktifitas Tempat Pembuangan Sampah (TPS) illegal di Desa Mekarsari Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor.

Petugas menemukan sampah campuran organik dan anorganik sekitar 20 ton dan satu unit alat berat jenis beko di tempat tersebut.

Pemilik lahan yang digunakan untuk pembuangan sampah bernama Basri Kabuy alias Ir, seorang wiraswasta yang berdomisili di Kampung Sindangpala, Desa Mekarsari.

Kepada Polisi, Basri Kabuy alias Ir menjelaskan, bahwa sampah yang dikelolanya berasal dari kawasan Perumahan elit Bumi Serpong Damai (BSD) Kota Tangerang Selatan. Basri juga mengaku tidak memiliki izin resmi untuk pengelolaan sampah.

Lokasi ini diketahui berada di bantaran sungai Cisadane. Setelah disortir oleh pengelola, sampah sampah tersebut selanjutnya dibakar dan dibuang ke sungai, sehingga berpotensi mencemari lingkungan dan merugikan warga sekitar.

Kapolsek Rancabungu IPDA Azis Hidayat yang mengecek langsung ke Lokasi TKP bersama anggota menjelaskan, bahwa temuan ini bermula dari laporan masyarakat yang mengeluhkan aktivitas pembuangan sampah di sekitar sungai Cisadane.

“Kami mencatat bahwa aktivitas pembuangan sampah di lokasi ini tidak memiliki izin resmi dari dinas terkait maupun izin lingkungan. Hal ini berdampak pada potensi pencemaran lingkungan di sungai Cisadane, dan risiko penyebaran penyakit”, ungkap Kapolsek.

Kasus ini, sambung Kapolsek, selanjutnya akan dilimpahkan kepada tim Tipiter Polres Bogor untuk pengusutan lebih lanjut.

(Indrawan)

Sumber: Humas Polres Bogor