Pemkab Sukabumi Gelar Bazar Culinary Ramadhan Hasil Kerjasama Dekranasda Dengan DKUKM

5

berantasonline.com (Sukabumi)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi menggelar Bazar Culinary Ramadhan 1445 H di area parkir Sukabumi Craft Center yang direncanakan berlangsung 17-30 Maret 2024. Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (DKUKM) Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan yang menampilkan kuliner khas Ramadhan tersebut, diikuti puluhan pelaku UMKM Kabupaten Sukabumi. Tak hanya itu, kegiatan tersebut pun dimeriahkan berbagai perlombaan seperti Lomba Mewarnai, Hapalan Al-Qur’an, Adzan hingga Akustikan dan Marawis.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami yang dihadiri Forkompinda, Kepala Perangkat Daerah, Para Camat dan unsur lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, kegiatan ini masih terus dilaksanakan, apalagi acara ini memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“Alhamdulillah puluhan pelaku UMKM bisa terlibat dalam kegiatan ini,” ujarnya, Minggu (17/03/2024).

Menurut Bupati, UMKM harus terus didorong dan diberdayakan, sehingga produk mereka bisa lebih dikenal masyarakat luar.

“Peran kita inilah yang harus membuat UMKM Sukabumi menjadi produk yang lebih dikenal masyarakat luas. Inilah salah satu cara untuk pemberdayaan UMKM dan mengenalkan produk mereka,” ucapnya.

Lebih lanjut Bupati mengajak pelaku UMKM untuk terus berkreasi dan inovasi, sehingga produknya semakin bagus dan Go Internasional.

“Manfaatkan peluang ini secara baik dan munculkan kreatifitasnya,” pintanya.

Ditempat yang sama, Ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi, Hj. Yani Jatnika Marwan menambahkan, kegiatan ini sangat direspon positif para pelaku UMKM. Maka tak heran sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu.

“Alhamdulillah respon UMKM sangat bagus, sehingga setiap tahunnya terus hadir,” ungkapnya.

Tak hanya itu saja, kuliner yang ditampilkan pun semakin beragam. Sehingga masyarakat bisa semakin banyak pilihan untuk mencari menu berbuka puasa di Kabupaten Sukabumi.

“Kulinernya semakin beragam, Alhamdulillah animo masyarakat pun sangat tinggi,” paparnya.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu. Besar harapan kami, UMKM tumbuh berkembang. Sebab, UMKM kuat, Kabupaten Sukabumi lebih baik,” pungkasnya.

(Alex/Ris)