Puluhan Tahun Jalan Desa Cijulang Belum Ada Penanganan, Dinas PU: Sudah Diusulkan Diperbaiki Tahun Ini

9

berantasonline.com (Sukabumi)

Warga Desa Cijulang Kecamatan Jampangtengah Kabupaten Sukabumi, harus bersusah payah melintasi ruas jalan Panumbangan-Purabaya saat musim hujan seperti saat ini, karena kondisinya yang berlapis lumpur.

Akses jalan penghubung Kecamatan Jampangtengah dan Kecamatan Purabaya tersebut mengalami kerusakan di Kampung Cikamunding Desa Cijulang sampai Kampung Tegallega. Menurut salah satu warga, Saepulloh (45), ruas jalan ini sudah lama belum tersentuh penanganan.

“Kalau dititik nolnya ruas Panumbangan-Purabaya, sudah ada perbaikan. Tinggal jalan yang melintas Desa Cijulang yang belum diperbaiki. Jalan di Purabaya sudah diaspal sepanjang 7 kilometer, sedangkan di Panumbangan 5 kilometer. Tinggal di Desa Cijulang sekira 8 kilometer,” jelasnya, Rabu (07/02/2024).

Saepulloh mengungkapkan, kondisi ruas jalan Kabupaten tersebut mengalami kerusakan yang sangat parah. Sebelum musim hujan, kondisinya hanya berupa bebatuan dan tanah.

“Jalan yang melintasi Desa Cijulang, sekitar 10 tahunan belum ada penanganan. Depan dan belakangnya sudah ada penanganan, cuma ditengahnya rusak parah,” ungkapnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala UPTD Pekerjaan Umum (PU) Wilayah Jampangtengah, Heru Setya Wasis mengatakan, ruas jalan tersebut sudah diusulkan untuk diperbaiki pada tahun 2024 ini.

Heru menyebutkan, bahwa sebelumnya di sepanjang jalan Panumbangan-Purabaya sudah mendapatkan penanganan pada 2021 berupa pengaspalan sepanjang 300 meter di Sta 1.400 sampai 1.700.

“Semua jalan rusak di wilayah kerja UPTD PU Jampangtengah sudah diusulkan,” singkatnya.

(Alex/Ris)