Ruas Jalan Tamanjaya-Pal Tilu Ditutupi Lumpur, UPTD PU Ciemas Dan PT Palmyra Kerahkan Alat Berat

7

berantasonline.com (Sukabumi)

Dampak curah hujan yang cukup tinggi, ruas jalan Tamanjaya-Pal Tilu sepanjang 500 meter ditutupi tanah dan lumpur, imbas drainase dari PT Palmyra/Kostrad tidak bisa menampung air yang cukup deras, sehingga meluap ke jalan.

Kepala UPTD PU Wilayah Ciemas Kabupaten Sukabumi, Dadang Kuswara mengatakan, kronologi tertutupnya jalan Kabupaten ruas Tamanjaya-Pal Tilu oleh tanah dan lumpur terjadi pada Kamis (15/02/2024), sekitar pukul 16.30 WIB.

“Curah hujan yang cukup tinggi membuat drainase penuh dan tidak bisa menampung air, sehingga lumpur meluap ke jalan,” jelasnya, Selasa (20/02/2024).

Akibat kejadian tersebut, lanjut Dadang, mengakibatkan terganggunya lalu lintas, baik dari arah Ciemas, maupun dari arah Simpenan. Sementara ini, upaya yang telah dilaksanakan yakni berkoordinasi dengan Forkopimcam Ciemas, dengan PT Palmyra/Kostrad dan Pemdes Mekarjaya.

“Dari pihak PT (perusahaan) siap bertanggungjawab untuk membersihkan lumpur, baik di jalan maupun di saluran drainase. Mulai kemarin, dari pihak PT sudah mengerahkan 2 alat berat dibantu dengan UPTD PU Ciemas,” paparnya.

Untuk itu, kata Dadang, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati saat melintas di jalan ruas Ciemas-Pal Tilu.

“Dihimbau kepada masyarakat agar hati-hati jalan licin dan terganggu oleh pengerukan dengan alat berat,” pungkasnya.

(Alex/Ris)