Kecamatan Sagaranten Gelar Musrenbang RKPD, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sukabumi Akan Perjuangkan Sesuai Tupoksi

7

berantasonline.com (Sukabumi)

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Mutawali menghadiri kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Sukabumi tahun 2025 tingkat Kecamatan Sagaranten, bertempat di Aula Kecamatan Sagaranten Sukabumi, Senin (05/02/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Badru Dudu Mustofa, unsur Bapelitbangda, BPKAD, DPMD, Camat Sagaranten, Kapolsek Sagaranten, Danramil 0622-11 Sagaranten, para Kepala UPTD dari Dinas PU hingga Pertanian di wilayah 7 Kabupaten Sukabumi, Kepala Desa se-Kecamatan Sagaranten dan unsur lainnya.

Camat Sagaranten, Ridwan Agus Mulyawan dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan ini sebagai agenda penyusunan daftar prioritas pembangunan Kecamatan Sagaranten untuk RKPD tahun 2025 yang bertema “Pemantapan Infrastruktur Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat”.

“Pada Musrenbang tingkat Kecamatan Sagaranten tahun 2024 merupakan formulasi program prioritas pembangunan untuk tahun 2025 terdapat 150 usulan. Diharapkan dapat terealisasikan program-program prioritas,” ujarnya.

Menurut Ridwan, dari ratusan usulan tersebut, didominasi terkait program pembangunan fisik berupa insfrastruktur jalan dan program pemberdayaan masyarakat berupa peternakan.

“Dan perlu kita pahami bersama pula, terdapat berbagai keterbatasan di tingkat Kabupaten. Sekitar Rp 11,7 Milyar dianggarkan untuk pembangunan di 12 Desa Se-Kecamatan Sagaranten untuk 2024,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Mutawali mengatakan, hasil dari Musrenbang ini akan menjadi bagian yang akan diperjuangkan pihaknya sesuai tupoksi sebagai anggota legislatif.

“Kegiatan Musrenbang adalah kegiatan yang memang tahapan yang harus dilakukan, dan itu tahapan yang dilakukan oleh eksekutif. Hasil dari Musrenbang Kecamatan Sagaranten ini, itu menjadi dasar untuk menjadi bagian yang akan diperjuangkan dengan tupoksi kami sebagai anggota legislatif,” jelasnya.

Salah satu tupoksinya, lanjut Budi, yaitu penganggaran, dan pihaknya pun ada jalur untuk menampung usulan-usulan prioritas hasil dari Musrenbang tersebut melalui pokok-pokok pikiran DPRD.

“Jadi intinya, kami menghadiri kegiatan ini hanya mengikuti kegiatan Musrenbang, dan hasil Musrenbangnya sudah kami terima,” pungkasnya.

(Alex/Ris)