Diduga Ada Pelanggan Pemilu, Kades Girimukti Ciemas Dipanggil Bawaslu, Ketua DPRD: Kewenangan Ada Di Bawaslu

9

berantasonline.com (Sukabumi)

Kasus pemanggilan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi terhadap Kepala Desa Girimukti Kecamatan Ciemas yang diduga mengarahkan/kampanye pada salah satu Caleg pada Pileg 2024 mendapat sorotan dari DPRD Kabupaten Sukabumi.

Saat dikonfirmasi, Kepala Desa Girimukti, Akung Samsudin menjelaskan, saat itu dirinya hadir dalam acara hiburan malam tahun baru pada 31 Desember 2023 lalu, yang digelar di Puncak Darma Desa Girimukti Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi, buntut kegiatan tersebut dirinya diperiksa Bawaslu.

“Betul, ada undangan dari Bawaslu Kabupaten Sukabumi, dugaan ada pelanggaran Pemilu. Dimintai keterangan atau klarifikasi dari pukul 10.00 sampai pukul 12.00 WIB, bertempat di Polres Sukabumi,” jelasnya, Kamis (11/01/2024).

Menurut Akung, Pemanggilan berawal dari saat kami menghadiri kegiatan hiburan malam tahun baru di Puncak Darma, kegiatan tersebut diselenggarakan oleh salah satu Caleg Pak Opik.

“Memang tidak ada undangan, akan tetapi sudah menjadi kewajiban seorang Kepala Desa, ketika berhubungan dengan orang banyak, saya ikut serta, dan saat itu diberi waktu sama pengatur acara atau MC untuk memberikan sambutan,” ungkapnya.

Akung pun menuturkan, dalam sambutan hanya biasa saja, sebatas memberi arahan agar menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan. Pada ujung sambutan, memang sempat mendo’akan agar tujuan dan cita-cita beliau (Pak Opik) agar terlaksana.

“Karena hanya berdo’a yang bisa dilakukan. Kalau untuk mengarahkan apalagi kampanye, saya juga tahu aturan, dan itu pelanggaran,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara memberikan tanggapan terkait adanya pemanggilan Kepala Desa Girimukti oleh Bawaslu. Bahwa pihaknya menyerahkan semuanya kepada Bawaslu terkait hal tersebut.

“Soal itu, kita serahkan kepada Bawaslu secara objektif. Kalau memang terbukti melanggar, dan kalaupun tidak terbukti, silakan kewenangan ada di Bawaslu,” ujar Yudha usai menghadiri kenal pamit Kapolres Sukabumi di Gedung Pujasera Polres Sukabumi, Jum’at (12/01/2024).

Hal senada dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Faizal Rifai, pihaknya hingga saat ini masih memproses dan belum mendapatkan kesimpulan atas temuan tersebut.

“Kades tersebut sudah dimintai keterangan, hasil keterangan sendiri langsung didalami oleh pihak Bawaslu,” tandasnya.

(Alex/Ris)