Khawatir Ambruk, 1 Ruang Kelas SDN 2 Bojong Kalibunder Tidak Bisa Digunakan KBM

7

berantasonline.com (Sukabumi)

Kondisi bangunan ruang kelas 4 SDN 2 Bojong Desa Balekambang, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi sudah lama rusak dan belum ada rehab.

Warga setempat, J (40 tahun) mengatakan bahwa kerusakan terjadi pada atap bangunan bocor sudah tidak bisa dibetulkan lagi karena kayunya sudah pada lapuk.

Selain itu, kata J, SDN 2 Bojong juga kekurangan ruang kelas, karena satu ruangan lagi diantaranya digunakan sebagai ruangan kantor.

“Kami sangat khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan seperti ambruk, karena saat ini musim hujan,” ucapnya, Rabu (24/01/2024).

Sementara Ketua Komite Sekolah SDN 2 Bojong, Abdul Mujib membenarkan sekolah tersebut kekurangan ruangan serta adanya satu ruang kelas yang mengalami kerusakan.

Menurut Mujib, pada awalnya yang rusak itu 4 lokal, tahun 2021 di rehab 2 lokal, tahun 2022 direhab 1 lokal, jadi ada sisa yang belum direhab 1 lokal lagi,” ungkapnya.

“Semuanya ada 6 kelas, termasuk yang rusak berat. Akan tetapi yang dipakai untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) hanya 5 kelas, 1 ruangan digunakan ruang kantor. Jadi ada 1 kelas yang bergiliran penggunaan kelasnya,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, salah satu guru SDN 2 Bojong, Purnama Salam mengatakan, jumlah siswa SDN 2 Bojong semuanya ada 162 siswa. Ruang kelas yang rusak digunakan oleh kelas 4, yang berjumlah 30 orang.

“Dari dulu sudah diusulkan, dan pihak Disdik pun sudah tahu, baru 3 lokal yang sudah terealisasi. Bahkan di data SIPD online yang di input melalui desa sudah dimasukan dalam usulan rehab,” imbuhnya.

(Alex/Ris)