Kadisdik Jabar Resmikan Surabi Cafe Yang Dikelola Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di SLBN Surade

10

berantasonline.com (Sukabumi)

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat meresmikan Surabi Cafe di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Surade Kabupaten Sukabumi, cafe tersebut dikelola oleh para peserta didik yang berkebutuhan khusus.

Dalam kegiatannya, Kadisdik Jawa Barat, Wahyu Mijaya didampingi Kepala Bidang PKLK Disdik Jawa Barat, Deden Saepul Hidayat, serta Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V, Lima Faudiamar.

Diketahui, Indonesia tercatat sebagai Negara penghasil kopi nomor empat terbesar di dunia, dengan beragam jenis varietas kopi yang populer, diantaranya ada kopi Gayo, Kintamani, Luwak, Jawa, Sidikalang, dan Toraja.

“Saya meresmikan tempat minuman khas dan unik yang dinamakan Surabi Cafe yang berada di SLBN Surade Kabupaten Sukabumi,” ujar Wahyu sembari menikmati kopi, Sabtu (27/01/2024).

Dirinya menyatakan, bahwa cafe SLBN Surade Sukabumi yang diberi nama Surabi Cafe itu sepenuhnya dikelola oleh peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus.

“Yang paling keren, beberapa peserta didik telah mengantongi Sertifikat Food and Beverage dari Grand Sunshine Resort dan Convention, Kabupaten Bandung,” ungkapnya.

Menurutnya, pembangunan cafe yang bersumber dari DAK Fisik PKLK tahun 2023 ini, menyediakan lahan terbuka hijau dengan hamparan rumput sintetis, ditambah lagi dengan Bean Bag Sofa. 

Oleh sebab itu, Kadisdik Jabar secara khusus menitipkan pesan kepada pihak sekolah untuk memelihara bangunan yang sudah bagus ini beserta administrasinya.

“Saya meminta semua warga sekolah agar bersama-sama memelihara fasilitas dan sarana prasarana sekolah sebaik-baiknya. Karena, siapa lagi yang bisa memelihara kalau bukan kita. Pokoknya ini sudah estetik banget deh,” pesannya.

Selain ke SLBN Surade, Wahyu juga melakukan kunjungan kerja berupa roadshow ke sekolah-sekolah lainnya yang ada di Kabupaten dan Kota Sukabumi.

“Kunjungan tersebut untuk meninjau kegiatan belajar mengajar serta memonitoring sarana dan prasarana sekolah di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi,” ucapnya.

Wahyu menuturkan, beberapa sekolah yang dikunjungi selain SLBN Surade, yaitu SMKN 1 Surade Kabupaten Sukabumi, SMAN 1 Surade Kabupaten Sukabumi, SMAN 1 Jampangkulon Kabupaten Sukabumi, SMAN 2 Kota Sukabumi, SMAN 4 Kota Sukabumi, dan SMAN 1 Kota Sukabumi.

Sementara itu, Kepala Bidang PKLK Disdik Jabar, Deden Saepul Hidayat pun berharap, SLBN Surade menjadi percontohan dalam pendidikan vokasional. 

“Kami juga sudah punya tagline, yaitu BMW Mamah. B-nya bekerja, M-nya melanjutkan, W-nya wirausaha, dan Mamah-nya adalah mandiri di rumah,” terangnya.

Selain peresmian cafe, kegiatan yang juga diisi sosialisasi program Adik Bersama dan pembinaan tersebut, dihadiri pula oleh Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan, Diah Restu Susanti, serta tamu undangan lainnya.

(Alex/Ris)