Puluhan Siswa Kesurupan Saat Menghampiri Bangunan Tua, Pihak Sekolah Minta Disdik Turun Tangan

5

berantasonline.com (Sukabumi)

Puluhan Siswa SMPN 1 Tegalbuleud yang berlokasi di Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, kembali mengalami kesurupan, Rabu (31/01/2024). Sebelumnya, peristiwa serupa terjadi pada 27 Januari 2024.

Saat dikonfirmasi, Kasi Trantibum Kecamatan Tegalbuleud, Sumarna mengatakan, soal kesurupan di SMPN 1 Tegalbuleud itu benar, kami bersama Pak Camat, Unsur TNI Polri dan para Kiyai sedang berada di lokasi.

Peristiwa terjadi sekira pukul 09.30 WIB. Berdasarkan data sementara, terdapat 30 pelajar yang mengalami kesurupan. Sebagian diantaranya adalah yang juga kesurupan beberapa hari lalu. Sementara sisanya adalah siswa-siswi baru.

“Kegiatan belajar mengajar dihentikan. Siswa yang kesurupan sudah dijemput dan diantarkan pihak sekolah. Siswa lain dipulangkan pukul 11.00 WIB karena kondisi tidak kondusif. Banyak anak anak yang tertawa dan menangis,” jelasnya.

“Para Pengajar, Staf, Polisi, TNI, Camat Tegalbuleud, masih di SMPN 1 Tegalbuleud. Mereka sepakat pada Minggu malam akan dilakukan istigasah di lapangan dekat SMPN 1 Tegalbuleud,” imbuhnya.

Menurut Sumarna, para siswa yang kesurupan ingin menghampiri sebuah bangunan lama yang sudah tak digunakan.

“Ada bangunan yang sudah tua, sekitar empat sampai lima tahun bangunannya rusak. Tadi para siswa yang kesurupan banyak yang mau kesana,” paparnya.

“Pihak Sekolah dan Kecamatan sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi untuk penanganan bangunan tersebut. Bangunan ini merupakan bekas ruangan laboratorium dan kelas,” tandasnya.

(Alex/Ris)