Ruangan Mesin Pembangkit PLN Tagulandang Sitaro Terbakar

35

Sitaro, BERANTAS

Peristiwa Kebakaran Ruang pembangkit listrik PLN Tagulandang yang berlokasi di Kelurahan Bahoi Tagulandang Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Kamis (7/3/2024) sekitar pukul 14.30 Wita.

Kebakaran ruang pembangkit listrik PLN mengakibatkan 4 (empat) unit mesin mengalami kerusakan parah yaitu mesin unit II Kapasitas 400 KW, mesin unit I Kapasitas 100 KW, mesin Mrek Cartepilar Kapasitas 250 KW dan Mesin Volvo 150 KW.

Adapun kronologis peristiwa kejadian menurut piket operator Mances Manuho (37thn) THL menerangkan bahwa saat bertugas sekitar pukul 14.30 Wita tiba2 saksi melihat kobaran api besar yang keluar dari belakang salah satu mesin yang sedang beroperasi Mesin unit II.

Selanjutnya, saksi Mances Manuho langsung berteriak menyampaikan kepada saksi Ronald Malendes dan menyuruh segera mengambilkan Tabung Pemadam kebakaran langsung pada saat itu dipadamkan dengan alat pemadam kebakaranm

Saksi kemudian mematikan mesin Unit II, akan tetapi kobaran api tidak bisa dipadamkan hingga terus membesar dan membakar ke atap bangunan ruang pembangkit listrik.

Sekitar pukul 14.40 Wita satu unit Mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi untuk memadamkan api dibantu personil Koramil 1301-01 Tagulandang dan personil Polsek Tagulandang serta masyarakat sekitar pukul 15.30 Api berhasil dipadamkan.

Manager ULP PLN Tagulandang Hendrik Nugroho menjelaskan, dengan adanya peristiwa kebakaran ini pihak PLN Tagulandang akan melakukan pemadaman secara keseluruhan di wilayah se Kecamatan Tagulandang karena kebakaran tersebut mengakibatkan 4 unit mesin pembangkit mengalami kerusakan parah dan belum dipastikan mengenai perkiraan kerugian yang diderita PLN.

(Tampubolon)