Geopark Ciletuh Run 2024, Wabup: Meningkatkan Animo Wisatawan Nasional dan Internasional

14

berantasonline.com (Sukabumi)

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Iyos Somantri menerima Perwakilan Media Indonesia terkait progres persiapan Event Geopark Ciletuh Run 2024, di Ruang Rapat Dinas Koperasi dan UKM Cisaat Kabupaten Sukabumi, Jum’at (16/02/2024).

Rama Kamil dari Media Indonesia mengatakan, keinginan menggelar event Geopark Ciletuh Run 2024 tidak lain dalam upaya mengangkat potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Sukabumi, terutama keberadaan Geopark Ciletuh yang kembali mendapatkan Sertifikat sebagai Global Geoprak dari UNESCO.

Menurut Rama, rencananya acara tersebut akan berlangsung pada bulan Desember 2023 lalu, karena ada satu dan lain hal maka diundur menjadi tanggal 12 Mei 2024 mendatang.

“Tentunya untuk mengangkat potensi daerah, terutama potensi alam, di Kabupaten Sukabumi sangat luar biasa. Karena itu, perlu upaya lebih memperkenalkannya, sehingga wisatawan meningkat ke Geopark,” ungkapnya.

Masih dikatakan Rama, Geopark Ciletuh Run 2024 merupakan salah satu event yang mengangkat Geopark supaya dikenal lebih luas di tingkat nasional maupun internasional, nantinya jumlah peserta ditargetkan sebanyak 2.000 orang.

“Lomba lari ini menempuh jarak 7 KM. Selain memperkenalkan potensi alam, kita juga perkenalkan berbagai produk UMKM dari Kabupaten Sukabumi serta penampilan seni dan budaya lokal, seperti angklung, dogdog lojor, pencak silat,” tambahnya.

Sementara itu, Wabup mengatakan, Pemkab Sukabumi mengapresiasi event yang akan digelar Media Indonesia (Media Group Network). Wabup sepakat event itu tak hanya memperkenalkan potensi Geopark, tetapi juga berbagai produk UMKM serta seni dan budaya Kabupaten Sukabumi.

“Event ini tentu selain mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga, sekaligus juga bisa menikmati keindahan alam dan budaya Kabupaten Sukabumi di kawasan Geopark,” jelasnya.

Wabub berharap event Geopark Ciletuh Run 2024 menjadi pintu pembuka bagi para wisatawan berdatangan ke kawasan taman bumi itu.

“Apalagi nanti pesertanya diikuti pelari nasional dan internasional, mereka mencari event seperti ini. Semoga dari event ini Geopark Ciletuh makin dikenal luas, sehingga jadi tujuan bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara,” pungkasnya.

Hadir pada acara tersebut, Kaban Kesbangpol, Kadishub, Kadis Parawisata, Kadis Koperasi dan UKM, Kabag Kerjasama, BPKAD, Diskominfosan, Budpora dan undangan lainnya.

(Alex/Ris)