Pembukaan TMMD Ke-119 Tahun 2024, Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah

16

berantasonline.com (Sukabumi)

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menghadiri Upacara Pembukaan TNI Manunggal Mambangun Desa (TMMD) Ke-119 Tahun 2024 Kodim 0607/Kota Sukabumi yang diselenggarakan di Lapangan Desa Tenjojaya Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Selasa (20/02/2024).

Acara diawali dengan ekspose rencana kegiatan TMMD oleh Dandim O607/Kota Sukabumi, Letkol Inf Yudhi Hariyanto dihadapan Danrem 061/Suryakancana, Brigjen TNI Faisol Izuddin Karimi S.E.,
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, Kepala DPMD Provinsi Jabar, H. Dicky Saromi, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Dandim 0622, Camat Cibadak, Forkompinda Kabupaten Sukabumi dan tamu undangan lainnya.

Kemudian dilakukan penandatangan hibah tanah dari PT. Bogorindo Cemerlang kepada Pemerintah Desa Tenjojaya.

Diketahui, Program TMMD merupakan salah satu program operasi bakti TNI secara terpadu berkelanjutan guna mendukung percepatan pembangunan di daerah serta meningkatkan tarap hidup masyarakat kearah kemandirian.

Tema yang diusung pada TMMD 2024 adalah “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah”.

Sasaran prioritas dari pembangunan dalam TMMD 2024 adalah, Pertama: Daerah Miskin dan Kawasan Tertinggal, Terpencil dan Terluar (3T), Kedua: Daerah Kumuh Perkotaan, Ketiga: Daerah Perbatasan dan Keempat: Daerah Terdampak Bencana Alam.

Dandim 0607/Kota Sukabumi selaku Komandan Upacara membacakan sambutan Bupati Sukabumi yang menegaskan bahwa Pemkab Sukabumi menyambut baik sekaligus mendorong suksesnya Program TMMD mengingat program ini berorientasi pada aspirasi masyarakat, mewujudkan gotongroyong dan sangat memperhatikan hasil yang akan dirasakan oleh masyarakat.

“Karenanya, atas nama pemkab Sukabumi dan masyarakat menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi jajaran TNI-AD terutama Kodim 0607/Kota Sukabumi,” ucapnya.

TMMD, masih dalam sambutan Bupati, harus menjadi momentum menguatkan silaturahmi, sinergitas dan komitmen antara TNI, Pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan pembangunan inklusif diberbagai aspek pembangunan.

Usai upacara, Danrem 061/Suryakancana mengatakan, bahwa pembangunan melaui TMMD pada dasarnya untuk mendukung masyarakat diberbgai bidang termasuk infrastruktur, ekonomi, kemudahan aksesibilitas. Sehingga masyarakat lebih sejahtera.

“Selain itu, mendorong optimalisasi kebersamaan semua pihak lewat gotongroyong, sinergitas dari kita oleh kita untuk kita,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi menyatakan, bahwa pembangunan infrastruktur TMMD sudah masuk dalam Program Pembangunan Daerah Jangka Panjang, sehingga ketika ada, itu untuk pengembangan pembangunan.

Dipenghujung acara dilakukan pemberian santunan paket sembako kepada masyarakat penerima manfaat yang diberikan oleh Bupati Sukabumi, Danrem 061/Suryakancana, Kepala DPMD Jabar, Dandim 0607/Kota Sukabumi didampingi Forkopimda Kabupaten Sukabumi.

(Alex/Ris)