8 Mahasiswa Penerima Beasiswa Akan Kuliah Di Korea Selatan, Bupati: Harus Struggle

21

berantasonline.com (Sukabumi)

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami memberikan wejangan kepada delapan orang mahasiswa yang berkesempatan kuliah selama dua tahun di University of Gyeongnam Namhae Korea Selatan, bertempat di Pendopo Sukabumi, Rabu (21/02/2024).

“Harus struggle di (Korea Selatan) sana. Selain belajar, cari pengalaman sebanyak mungkin,” pesannya.

Keberangkatan mahasiswa yang berasal dari Universitas Nusa Putra (UNsP) Sukabumi dan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) sebagai upaya menyongsong Indonesia emas 2045. Terutama dalam menciptakan generasi muda yang kaya ilmu mumpuni.

“Anak yang berpengalaman di luar negeri ditambah ilmu yang mumpuni, semoga nantinya bisa membangun negeri ini kedepannya,” ucapnya.

Berkaitan beasiswa kuliah ke luar negeri, banyak sekali peluang bagi anak muda di Kabupaten Sukabumi. Hal ini pun bisa disambut sebaik mungkin oleh kampus di Sukabumi.

“Beasiswa kuliah ke luar negeri itu sangat besar untuk Kabupaten Sukabumi. Bagi kampus di Sukabumi, peluang seperti ini bisa dikondisikan dalam program,” ungkapnya.

Perwakilan Pemerintah Provinsi Gyeongsan Namdo Korea Selatan, Mr. Noh Chang Dong, mengaku senang ada perwakilan Kabupaten Sukabumi yang mendapatkan beasiswa untuk kuliah di University of Gyeongnam Namhae. Di mana, sebanyak tujuh orang dari Universitas Nusa Putra dan satu dari UMMI.

“Pilot project ini, senang ada yang berhasil. Mereka merupakan yang pertama dan mendapatkan fasilitas gratis selama berkuliah,” terangnya.

Atas keberhasilan para mahasiswa tersebut, dirinya meminta orangtua untuk mendukungnya. Selain itu, selama berkuliah mahasiswa pun harus kompetitif dan menunjukan citra yang baik.

“Di Korea Selatan banyak orang asing dari China, Thailand, dan lainnya. Kalian harus kompetitif dan tunjukkan reputasi bagus,” bebernya.

Apalagi, mahasiswa ini bukan yang terakhir untuk kuliah di Korea Selatan. Akan ada program lanjutan terkait beasiswa ini.

“Nanti akan ada junior kalian yang berangkat. Termasuk nanti ada pula yang lulusan SMK/SMA ke Korea Selatan,” jelasnya.

Wakil Rektor UNsP, Muhammad Muslih mengatakan, program ini sangat luar biasa. Sebab, memberikan kesempatan wawasan bagi mahasiswa.

“Karena ini program bagus, makanya kami langsung meresponnya dengan baik,” terangnya.

sementara itu, salah satu Mahasiswa Penerima Beasiswa, Dea S Putri mengatakan, ini merupakan momen yang tepat untuk mengukuhkan diri. Terutama dalam melangkah menuju masa depan.

“Keputusan berangkat ke Korea Selatan merupakan tekad untuk meraih kesuksesan dimasa yang akan datang,” pungkasnya.

Perlu diketahui, para Mahasiswa yang berangkat ke Korea Selatan ini telah mendapatkan Certificate of Administration dan Certificate of Scholarship dari University of Gyeongnam Namhae. Bahkan, Certificate of Administration diserahkan langsung oleh Bupati Sukabumi kepada Mahasiswa yang akan berangkat.

(Alex/Ris)