Tembok Irigasi Jebol Akibat Longsor, UPTD PU Ciemas Tangani Sementara Dengan Sistem Terasering

14

berantasonline.com (Sukabumi)

Tembok irigasi pangkalan dari aliran Sungai Cilung Gunung jebol akibat longsor, berlokasi di Kampung Cibonceret RT 02/03 Desa Waluran, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi.

“Kejadiannya pada 13 Januari 2024 sekitar pukul 14.00 WIB dengan tinggi 3 meter dan lebar 4 meter,” kata Kepala Desa Waluran, Wahyudin saat dikonfirmasi, Senin (15/01/2024).

“Kepada dinas terkait agar segera ditangani, karena saat ini para petani sudah mulai menggarap sawahnya,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala UPTD PU Wilayah Ciemas, Dadang Koswara membenarkan kerusakan itu. “Betul tembok putus pada irigasi pangkalan. Tim UPTD PU Ciemas sudah cek lokasi, dan itu kewenangan kabupaten,” ucap Dadang.

Dadang menjelaskan, saluran irigasi ini mengairi persawahan seluas 365 Hektar di Desa Waluran, tembok yang putus akibat longsor ini memiliki panjang 3,50 meter, tinggi 3,50 meter, dan lebar 4,50 meter.

“Penanganan sementara memakai kantong berisi material tanah sebanyak 150 buah, dengan sistem terasering. Semoga besok sore bisa normal kembali. Yang terlibat penanganan sementara ini mitra cai, UPTD PU Ciemas, petani pemakai air, dan warga,” tandasnya.

(Alex/Ris)