Adanya Potensi Membahayakan, Dinas PU dan Dinas Perkim Sukabumi Lakukan Penebangan Pohon Kering

12

berantasonline.com (Sukabumi)

Dinas Pekerjaan Umum (PU) berkolaborasi dengan petugas Park Ranger Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi melakukan penebangan pohon yang sudah mati dan kering di Jalan Raya Sudirman Palabuhanratu Sukabumi, Jum’at (05/01/2024).

Tindakan tersebut dilakukan, guna mengatasi potensi tumbangnya pohon yang dapat membahayakan pejalan kaki serta kendaraan yang melintas.

Kepala UPTD PU wilayah IV Palabuhanratu, Edi Mulyadi mengatakan, penebangan ini dilakukan karena terdapat aduan dari masyarakat sekitar, sehingga pihaknya menindaklanjuti terkait aduan tersebut dengan melakukan penebangan pohon yang kering itu.

“Kita melakukan penebangan pohon yang kering itu, karena ada aduan dari masyarakat ke pihak Kecamatan, dan pihak Kecamatan memerintahkan Dinas PU untuk menindak lanjuti terkait pohon kering itu,” jelasnya.

Menurut Edi, pohon-pohon tersebut memang diidentifikasi sangat membahayakan karena kondisinya yang sudah kering.

“Kita langsung turunkan tim untuk eksekusi penebangan pohon itu, dari kita Dinas PU ada 10 orang, dan dari Perkim ada 5 orang. Pohon yang kita tebang itu ada 2 pohon dan 1 pohon sudah tumbang sendiri,” paparnya.

Lebih lanjut Edi menjelaskan, memasuki musim hujan dan angin kencang, tindakan penebangan ini diharapkan dapat mencegah potensi bahaya bagi masyarakat yang melintas di sekitar area tersebut.

“Kita tebang karena memang pohon tersebut sangat berbahaya jika tumbang, kondisinya sudah kering dan sekarang masuk musim hujan dan angin kencang. Kalau pohon ini tumbang bahaya bagi masyarakat yang melintas,” tandasnya.

(Alex/Ris)