Antisipasi Banjir, Dinas PU Sukabumi Lakukan Pembersihan Gorong-gorong Dari Sampah Secara Intensif

27

berantasonline.com (Sukabumi)

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi lakukan penanganan gorong-gorong yang tersumbat sampah di ruas jalan Pakuwon-Kalapanunggal, Kecamatan Kalapunggal. Hal tersebut dilakukan, sebagai langkah antisipasi banjir akibat dampak musim penghujan yang berkepanjangan saat ini.

Kepala Dinas Unit Pelaksana Teknis Daerah Pekerjaan Umum (UPTD PU) wilayah III, Uus Iskandar menjelaskan, upaya penanganan gorong-gorong tersebut dengan cara manual untuk mengantisipasi terjadinya banjir akibat gorong-gorong tersumbat sampah.

“Musim penghujan seringkali meningkatkan risiko genangan air akibat gorong-gorong yang mampet oleh sampah. Maka dari itu, kami intensif melakukan pembersihan agar aliran air tetap lancar,” ujarnya, Senin (08/01/2024).

Menurut Uus, timnya telah mengevaluasi dan mengidentifikasi titik-titik rawan yang cenderung mengalami penyumbatan akibat sampah. Langkah proaktif ini diharapkan dapat mengurangi potensi banjir.

Uus pun mengimbau masyarakat untuk turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Peran aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan sangat penting. Kami mengajak semua pihak untuk tidak membuang sampah sembarangan agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain,” pungkasnya.

(Alex/Ris)