KPU Sitaro Simulasikan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu

57

Sitaro, BERANTAS

Bertempat di Pendopo Kecamatan Tagulandang, Selasa (30/1/2024) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sitaro melakukan Simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilu2024.

Ketua KPU Sitaro Stevanus Kaaro menjelaskan, bahwa simulasi ini merupakan upaya dan langkah KPU Sitaro untuk mempersiapkan dan memastikan jajaran penyelengara, baik PPK, PPS dan KPPS saat pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024 nanti.

Dikatakan Stevanus, kesiapan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menjelang Pemilu 2024 berjalan sesuai rencana dan sucses tanpa ada kendala. Dalam Simulasi ini dihadirkan petugas baik PPK, PPS dan KPPS sesuai undangan yang menjadi saksi di TPS terlibat untuk mengikuti Simulasi. Simulasi ini menjadi bagian dari persiapan yang matang untuk pemungutan suara yang akan datang tinggal 15 hari lagi.

Selain persiapan teknis, sambung Stevanus, KPU juga memperhatikan aksesibilitas bagi pemilih dengan keterbatasan, seperti penyandang disabilitas maupun non disabilitas.

Disamping itu, KPU Sitaro telah mengambil langkah langkah dengan memilih dan menyeleksi anggota KPPS yang memiliki sumber daya manusia (SDM) yang kredibel sehat dan mayoritas masih muda.

“Setelah Simulasi ini kami akan evaluasi untuk memastikan pelaksanaan pesta Demokrasi nanti pada hari H suscses tanpa kendala dan yang keliru kita perbaiki dan koreksi untuk disempurnakan” ujarnya.

Dalam sambutannya, Jostanlie Bogar Staf Ahli Bupati mewakili Penjabat Bupati Sitaro menyampaikan harapan kegiatan Simulasi dapat berjalan lancar efektif dan produktif serta bermanfaat demi menyukseskan pemilu 2024. “Faktor yang menentukan keberhasilan Pemilu yaitu kinerja para penyelenggara pemilu”, tandasnya.

Hadir pada kegiatan Simulasi seluruh Komisioner KPU, unsur Forkopimda Kabupaten Sitaro, Pimpinan Parpol, Bawaslu serta masyarakat, tamu undangan dan insan Pers.

(Tampubolon)