Peringatan HUT Surade Ke-265 Tahun, Bupati Mendorong Agar Nantinya Dijadikan Wisata Sejarah

20

berantasonline.com (Sukabumi)

Peringatan HUT Surade ke 265 tahun sarat akan budaya dan kesenian Sunda. Hal itu nampak jelas saat Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menghadirinya, Selasa (05/12/2023).

Sebelum menghadiri kegiatan yang berpusat di Lapang Lodaya Setra Surade, Bupati disambut dan melakukan upacara adat Nyiram Batu Indung di Taman Megalodon. Setelah itu, Bupati mengendarai mobil jeep ke Lapang Lodaya Setra Surade dan disambut dengan tarian tradisional.

Tak hanya itu saja, berbagai permainan tradisional hingga pentas seni budaya memeriahkan acara tersebut. Ternasuk berbagai produk UMKM yang sudah berlangsung sejak 3 Desember lalu.

Dalam sambutannya, Bupati mengaku bersyukur bisa hadir di momen hari lahir Surade. Apalagi, momen ini menjadi suatu keberkahan bagi masyarakat Surade.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, menyambut baik acara ini. Usia yang lebih tua dari Kabupaten Sukabumi ini, harus menjadi keberkahan bagi masyarakat,” ujarnya.

Berkaitan HUT Surade ke 265 tahun ini, Bupati mendorong agar didukung dengan berbagai bukti sejarah yang konkret. Sehingga, hal ini bisa menambah referensi sejarah Sukabumi.

“Ketika lahirnya Surade dilengkapi dengan bukti otentik, nantinya bisa dijadikan wisata sejarah,” ucapnya.

Bahkan, hal tersebut bisa lebih bernilai ketika disandingkan dengan kekayaan dan keberagaman seni budaya, terutama yang menjadi ciri khas Surade.

“Kalau ruang ini digali, bisa menjadi satu kegiatan yang luar biasa,” ungkapnya.

Bupati mengapresiasi kegiatan ini. Hal ini sekaligus ajang meyakinkan masyarakat Surade untuk lebih mencintai daerahnya.

“Ini menjadi ajang menggali potensi budaya, ekonomi, dan lainnya. Sehingga, akhirnya bisa menggerakkan ekonomi masyarakat,” bebernya.

Bupati pun mengajak semua pihak untuk bahu membahu mengenalkan potensi Kecamatan Surade. Sehingga, Surade dengan berbagai potensinya bisa semakin dikenal luas.

“Kita juga ada situs Megalodon yang jarang ditemukan di daerah lain. Kita kenalkan semua potensi yang ada di Surade,” ajaknya.

Sementara itu, Camat Surade, Suryana mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan atas dorongan para tokoh. Mereka ingin memperingati berdirinya Surade.

“Kegiatan ini pun sekaligus menggerakkan ekonomi masyarakat. Apalagi di kegiatan ini ada stand UMKM,” paparnya.

Berkaitan perayaan HUT Surade ke 265 tahun ini, dirinya berterima kasih kepada Bupati. Apalagi di tengah kesibukannya, menyempatkan diri untuk menghadiri perayaan HUT Surade ke 265 tahun.

“Terima kasih Pak Bupati sudah hadir,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut, terdapat penyerahan secara simbolis buku kode wilayah, peta Kecamatan Surade, dan KTP el.

(Alex/Ris)