Satpol PP Sukabumi Berikan Pembekalan Kepada Ratusan Kasatgas Linmas Menghadapi Pemilu

7

berantasonline.com (Sukabumi)

Dalam rangka menyambut Pemilu 2024, Satpol PP Kabupaten Sukabumi berikan pembekalan kepada ratusan Kepala Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat (Kasatgas Linmas) Kabupaten Sukabumi.

Plt Kepala Bidang Linmas Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Samsul Arifin mengatakan, pembekalan dilangsungkan di dua tempat berbeda, yakni di Palabuhanratu dan di Cisaat.

“Hari ini pembekalan terhadap 191 Kasatgas Linmas Desa dan Kelurahan dilakukan di Gedung Fridnanda Palabuhanratu. Sedangkan besok akan diselenggarakan di GDIC (Gedung Dakwah dan Islamic Center) Cisaat. Pesertanya 195 Kasatgas,” jelasnya, Rabu (13/12/2023).

Untuk mengoptimalkan pembekalan, pihaknya menghadirkan pemateri kompeten dari berbagai unsur. Di antaranya TNI, Polri, KPU Kabupaten Sukabumi, Bawaslu Kabupaten Sukabumi, serta internal Satpol PP.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anggota Satlinmas, baik sisi teknis maupun operasional dalam rangka pengamanan kegiatan Pemilu 2024,” ungkapnya.

Arifin menerangkan, anggota Satlinmas terlibat dalam pengamanan langsung (pamsung) yang berada di seluruh TPS. Kehadirannya akan berkolaborasi dengan unsur TNI, Polri, dan yang lainnya.

“Setiap TPS diisi oleh dua anggota Satlinmas. Tadi KPU mengatakan bahwa jumlah TPS ada sekitar 8.000-an. Berarti kebutuhan anggota Linmas 16.000-an, sementara saat ini hanya ada 12.000-an. Nanti sisanya akan melibatkan unsur masyarakat,” tandasnya.

(Alex/Ris)