Mampu Memberdayakan Dunia Kerja Secara Optimal, SMKN 1 Cibadak Sabet Penghargaan Kategori Link And Match

32

berantasonline.com (Bandung)

SMKN 1 Cibadak Kabupaten Sukabumi mendapatkan penghargaan SMK Award 2023 kategori Link and Match dengan kriteria sekolah mampu menjalin dan memberdayakan dunia kerja secara optimal.

Acara bergengsi tersebut diselenggarakan oleh Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Dinas Pendidikan Jawa Barat dalam rangka memberikan apresiasi untuk SMK se-Jawa Barat, bertempat di Hotel Grand Sunshine Soreang Kabupaten Bandung, Jum’at (22/12/2023).

SMKN 1 Cibadak dinilai mampu berkontribusi nyata dalam penurunan tingkat pengangguran di Kabupaten Sukabumi. Terbukti selama dua tahun terakhir, konsisten melakukan sejumlah program Link and Match dengan sejumlah industri.

Kepala SMKN 1 Cibadak, Iwan mengatakan, pihaknya bisa mendapatkan penghargaan melalui proses seleksi yang ketat dari 2905 SMK se-Jawa Barat (Jabar).

Lebih lanjut Iwan mengungkapkan rasa bangganya, lantaran bisa terpilih menjadi juara di tingkat Jabar dan berharap melalui ajang penganugerahan ini proses pembelajaran di SMKN 1 Cibadak mampu menghasilkan output siswa yang berkompeten sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan dunia industri.

“Awalnya SMKN 1 Cibadak terpilih di dua nominasi yaitu pada kategori Kategori Pengelola BLUD dan Kategori Link And Match, namun untuk kategori pengelola BLUD SMKN 1 Cibadak hanya masuk 5 besar, sedangkan pada kategori Link and Mach menjadi pemenang,” ungkapnya.

Adapun penilaian tersebut, lanjut Iwan, dilihat dari pendataan berdasarkan prestasi kerja sekolah, tracer study, implementasi teacing factory dan industri pendukung teaching factory yang bisa dilihat di aplikasi Pusaka Jabar atau pusat data SMK se-Jabar.

“Alhamdulillah sangat bersyukur bisa menjadi juara, tentunya kita juga sangat berkomitmen menyalurkan para lulusan dari SMKN 1 Cibadak untuk bekerja di industri, baik dalam dan luar negeri,” ujarnya.

“Bahkan ada sejumlah siswa yang bekerja di Jepang dan Jerman. Selain aktif dalam penyerapan tenaga kerja, kita juga aktif memberikan pemahaman tentang berwirausaha. Sehingga kami menargetkan 75 persen siswa bekerja dan berwirausaha, sisanya melanjutkan studi ke perguruan tinggi,” imbuhnya.

Dikatakan Iwan, saat ini sudah ada 60 perusahaan yang bergabung bersama SMKN 1 Cibadak. Sementara itu, dalam meningkat kompetensi para lulusannya, SMKN 1 Cibadak memiliki beberapa program kegiatan pembelajaran di sekolahnya. Diantaranya bekerjasama dalam penerimaan PKL, bekerjasama mengembangkan kelas industri dan komitmen penyerapan lulusan.

“Sementara program pembelajaran yang dikembangkan yaitu pembelajaran berbasis Industri dan pembelajaran berbasis projek,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Wahyu Mijaya, sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang.

“Selamat kepada Bapak/Ibu yang menjadi juara. Terima kasih juga sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu semua yang telah memberikan pemikiran, curahan tenaga, dan semua yang dilakukan untuk mendidik putra-putri kita,” ucapnya.

Kadisdik juga mengingatkan, raihan atau capaian tersebut jangan sampai melenakan. “Ini bukan tentang kebanggaan di masa lalu dan masa kini, tetapi apa yang harus kita lakukan di masa depan agar lebih baik lagi,” pesannya.

Selaku penyelenggara, Kepala Bidang PSMK Disdik Jabar, Edy Purwanto berharap, hasil dari kegiatan ini, SMK Jabar bisa memahami dan mengimplementasikan revitalisasi SMK.

“Sehingga, anak-anak kita bisa bersaing, berdaya guna, berprestasi dan juga mampu menjadi media promosi dalam pengelolaan SMK di Jabar, serta menjadi lokomotif pembangunan dan kemajuan bangsa,” pungkasnya.

(Alex/Ris)