SDN 1 Cidadap Rutin Laksanakan Shalat Duha Demi Membentuk Karakter Pelajar Religius dan Berakhlak Mulia

17

berantasonline.com (Sukabumi)

Dalam upaya mencetak peserta didik dengan lulusan yang religius dan berakhlak mulia, SDN 1 Cidadap yang berlokasi di Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi rutin melaksanakan Shalat Duha bagi para pelajar.

Kegiatan Shalat Duha bersama yang dilaksanakan menjelang masuk sekolah tersebut setiap hari diikuti seluruh pelajar dan guru di SDN 1 Cidadap.

Kepala SDN 1 Cidadap, Nani Supartini mengatakan, program kegiatan Shalat Duha bersama yang digagas sejak 2022 lalu itu sesaat dirinya mulai menjabat sebagai Kepala Sekolah di awal Maret.

Menurutnya, itu salah satu upaya untuk mewujudkan visi sekolah SDN 1 Cidadap yaitu terwujudnya peserta didik yang beriman dan bertakwa, sehingga terhindar dari kenakalan remaja.

“Tentunya kami ingin dengan salah satu misi ini yakni melaksanakan pembiasaan Shalat Duha, anak-anak terhindar dari aksi-aksi kenakalan pelajar, baik hari ini maupun kelak dewasa,” ujarnya, Rabu (06/12/2023).

Sejauh ini, lanjut Nani, sejak digulirkan program Shalat Duha bersama tersebut, hingga saat ini mendapat sambutan secara antusias baik pelajar maupun guru-guru yang mengajar di SDN 1 Cidadap.

Lebih lanjut Nani menjelaskan, Shalat Duha sendiri dilaksanakan setiap hari sebelum jam pelajaran dimulai. Dengan mengajarkan untuk pelaksanaan hari Senin sebagai pembentukan karakter nasionalis, Selasa dan Rabu karakter religius, Kamis karakter lingkungan hidup, Jum’at karakter Jum’at bersih dan sehat serta hari Sabtu karakter pramuka.

“Mudah-mudahan dengan upaya yang kami lakukan ini bisa menciptakan ataupun melahirkan karakter-karakter anak atau pelajar yang religius dan berahklak mulia,” tandasnya.

(Alex/Ris)