Jembatan eMHa Diresmikan, Bupati Berharap Bisa Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

8

berantasonline.com (Sukabumi)

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami meresmikan Jembatan eMHa yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita, berlokasi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Senin (27/11/2023).

Jembatan tersebut memiliki panjang 90 meter dan lebar 8,1 meter. Ditargetkan jembatan tersebut menjadi penghubung Kecamatan Kadudampit hingga ke Sukabumi.

Bupati bersyukur, jembatan ini bisa terealisasi dan diresmikan. Apalagi, jembatan ini merupakan salah satu program di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang mulai terealisasi.

“Dilihat dari perencanaan RPJMD, ada tiga koridor untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Utara dan tengah untuk penguatan agrowisata ini, sudah mulai terealisasi,” ujarnya.

Bupati pun berdo’a agar jembatan ini membawa keberkahan bagi masyarakat. Termasuk dari sisi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Sebelum ada jembatan, waktu tempuh masyarakat untuk mengangkut hasil pertanian relatif lama. Sekarang sudah mulai cepat waktu tempuhnya,” ucapnya.

Tak hanya itu saja, di sepanjang jembatan ini dihiasi lampu-lampu yang indah. Sehingga, akan sangat indah dan penerangannya bagus ketika dilintasi di malam hari.

“Penambahan lampu di sepanjang jembatan ini, terinspirasi ketika ke luar daerah. Hal ini pun bisa menjadi ruang berkreasi,” ungkapnya.

Apalagi, lanjut Bupati, area jembatan tersebut rencananya akan disediakan tempat swafoto. Sehingga, masyarakat bisa aman berswafoto dengan latar pemandangan yang indah di sekitar jembatan.

“Kalaupun masyarakat Kadudampit mau bermain, jangan jauh-jauh. Sekitar jembatan ini bisa dijadikan tempat wisata. Apalagi dengan pemandangan yang bagus,” bebernya.

Menyinggung nama eMHa sendiri, menurut Bupati merupakan akronim dari namanya. Nama itu dipatenkan dalam jembatan berwarna kuning atas inisiatif masyarakat.

“Saya sempat menolak nama itu. Namun atas permintaan masyarakat ditambah kalaupun diberi nama Cinumpang, sudah ada jembatan yang satu lagi. Sehingga, disetujuilah nama eMHa ini,” terangnya.

Selain itu, Bupati mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga jembatan ini. Sehingga, jembatan tersebut tetap terlihat bagus dan laik digunakan.

“Mari sama-sama jaga jembatan yang telah dibangun ini,” ajaknya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, pembangunan jembatan tersebut akan dilanjutkan dengan pengaspalan jalan. Rencananya, jalan tersebut akan tembus hingga ke Kecamatan Sukabumi.

“Do’akan saja, nanti jalan disini bisa bagus jalannya sampai ke Perbawati di Kecamatan Sukabumi,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umun (PU) Kabupaten Sukabumi, H. Asep Japar menambahkan, jembatan tersebut sudah bisa dilewati masyarakat. Meskipun jalannya masih dalam proses pengerjaan.

“Alhamdulillah, kalau jembatan sudah bisa digunakan. Kalau akses jalannya baru proses. Kedepan, semoga bisa ke Perbawati, bahkan lebih jauhnya. Mudah-mudahan bisa ke Kecamatan Sukalarang,” paparnya.

Sementara itu, Plt Camat Kadudampit, Susandi Dzikrillah mengaku bahagia atas peresmian jembatan ini. Sebab, dirinya meyakini jembatan ini akan berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat.

“Terima kasih kepada Pak Bupati yang telah membangun jembatan ini. Jembatan ini berdampak besar bagi masyarakat Kadudampit. Apalagi, jembatan ini melintasi empat Desa di Kadudampit,” pungkasnya.

(Alex/Ris)