DPRD Sukabumi Apresiasi Penanaman 2000 Pohon Yang Dilakukan Polres Sukabumi Bersama Kemenko PMK

10

berantasonline.com (Sukabumi)

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan mendukung sekaligus mengapresiasi adanya kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh Polres Sukabumi di Sirkuit Manangel, Kecamatan Palabuhanratu. Kegiatan tersebut merupakan program bersama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Polri.

“Kita sangat mendukung dan mengapresiasi sekali, kita harus bersyukur dan berbangga sebagai masyarakat Kabupaten Sukabumi dengan adanya kegiatan penanaman pohon. Kita tidak hanya menanam saja, tapi juga harus memelihara dan memanfaatkannya,” ujarnya, Rabu (15/11/2023).

Menurutnya, pohon bukan hanya elemen penambah kehijauan, tetapi juga menjadi sumber kehidupan penting bagi manusia. Ia pun mengajak kepada masyarakat untuk menjaga pohon yang ada jangan sampai di rusak.

“Pohon ini merupakan sumber kehidupan bagi manusia, baik untuk kesehatan, ketahanan pangan dan lain sebagainya. Pohon ini harus dijaga dengan baik, jangan dirusak. Kita harus menanamnya, memeliharanya, jangan hanya sekedar mengambil manfaatnya, memetik buahnya, memotong pohonnya,” ungkapnya.

Usep berharap, dengan banyaknya lahan kosong dan banyaknya gunung yang gundul, masyarakat sekitar bisa memanfaatkan lahan tersebut dengan dilakukan penanaman pohon, sehingga hasilnya bisa dimanfaatkan.

“Mudah-mudahan lahan tidur (lahan kosong) bisa dimanfaatkan, dan di tahun 2024, aksi penanaman pohon terus dilakukan di masyarakat, sehingga nantinya akan bermanfaat untuk masyarakat semuanya,” tandasnya.

Ditempat terpisah, Kabag Ops Polres Sukabumi, Kompol Maryono Edi Suseno mengatakan, terkait kebijakan Pemerintah dalam program menanam 10 juta pohon.

“Kami, di Polres Sukabumi ikut ambil bagian dengan menanam 2.000 pohon. Di lokasi Sirkuit Manangel kami menanam 500 pohon, sedangkan 1.500 pohon sisanya ditanam di Polsek Jajaran,” jelasnya.

Maryono mengatakan, pemilihan Sirkuit Managel sebagai titik penanaman karena lokasi tersebut menbutuhkan peningkatan jumlah pohon.

“Di Sirkuit Manangel kami melihat terdapat kekurangan pohon dan area yang terbuka. Tentunya terkait dengan apa yang disampaikan oleh Menteri PMK yaitu tentang global warming,” pungkasnya.

(Alex/Ris)