Bupati Sukabumi Kukuhkan 2000 Kader Perahu Kertas Angkatan II

25

berantasonline.com (Sukabumi)

Sebanyak 2000 peserta program Perempuan Hebat Untuk Keluarga Yang Berkualitas (Perahu Kertas) angkatan II Tahun 2023 dikukuhkan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, di Gor Venue Tinju Palabuhanratu, Rabu (08/11/2023).

Bupati mengatakan, pelantikan program pemberdayaan perempuan ini merupakan bukti komitmen pemerintah untuk memajukan, meningkatkan dan memberdayakan potensi diri para perempuan agar menjadi lebih tangguh dan inovatif.

“Pemkab Sukabumi menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh fasilitator yang telah membina, melatih dan berperan aktif dalam menjawab persoalan kesenjangan perempuan,” ujarnya.

Masa depan Kabupaten Sukabumi ada di pundak perempuan atau kaum ibu, jika kaum ibu cerdas dan tangguh maka akan menghasilkan generasi bangsa yang unggul dan berkualitas.

“Kaum perempuan ini menjadi sangat berarti untuk mendorong semangat kemajuan potensi suatu daerah. Tujuan dari program Perahu Kertas untuk meminimalisir terjadinya persoalan didalam keluarga,” ungkapnya.

Bupati berpesan, para peserta yang telah dikukuhkan ini dapat mentransformasikan ilmu kepada masyarakat. Terutama untuk konsen dalam mengentaskan stunting.

“Kami berharap, perempuan hebat ini mampu menciptakan citra perempuan Kabupaten Sukabumi yang berwawasan, terampil, terus belajar. Sehingga mampu menjadi teladan di lingkungan masyarakat dan keluarga,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas P3A Kabupaten Sukabumi, Eki Radiana Rizki menjelaskan, sebanyak 2000 peserta Perahu Kertas Tahun 2023 yang dikukuhkan ini terdiri dari Kecamatan Cidahu, Ciambar, Parungkuda, Bojonggenteng, Kalapanunggal, Cibadak, Cikembar, Warungkiara, Gunungguruh, Caringin, Cikidang, Curugkembar, Jampangtengah, Waluran, Jampangkulon, Cibitung, Tegalbuleud, Surade, Kalibunder dan Cimanggu. Masing-masing Kecamatan terdiri dari 100 peserta meliputi 1 orang fasilitator.

Kegiatan tersebut digagas untuk mengukuhkan para Kader Perahu Kertas Kabupaten Sukabumi dari berbagai bidang, antara lain bidang kesehatan, kesetaraan gender, ekonomi, pendidikan dan bidang potensi diri.

“Peserta yang diwisuda pada hari ini sebanyak 2000 peserta, teridiri dari 20 Kecamatan se-Kabupaten Sukabumi, masing-masing kecamatan sebanyak 100 peserta,” jelasnya.

“Terdapat beberapa capaian program yang telah berhasil dilaksanakan dibeberapa Kecamatan selama ini, hasil capaian program tersebut akan menjadi evaluasi, perbaikan dan peningkatan pada tahun 2024 mendatang,” pungkasnya.

(Alex/Ris)