Gelar Reses di Desa Babakanjaya Parungkuda, Anggota DPRD Terima Aspirasi Desa Terkait Pengelolaan Mata Air

7

berantasonline.com (Sukabumi)

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Golkar, Deni Gunawan, menggelar Reses III (Ketiga) tahun anggaran 2023 di Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Kamis (23/11/2023).

Dalam reses tersebut, Deni menerima berbagai aspirasi masyarakat salah satunya terkait insfrastruktur jalan.

“Hari ini ada beberapa hal yang memang disampaikan secara langsung dan tertulis. Desa-desa di sini menginginkan jalan lingkungan yang baik, bagus, dan pemeliharaan jalan Kabupaten yang optimal,” ujarnya.

Tak hanya itu, Deni juga menerima aspirasi dari Desa terkait konsep pengelolaan mata air secara internal melalui PDAM Desa. Konsep tersebut diyakini bisa menjadi solusi atasi masalah kekeringan.

“Desa Babakanjaya ini ingin untuk mengelola secara internal yang namanya PDAM Desa, jadi mereka mengatur air dari banyaknya sumber mata air yang dimiliki Desa Babakanjaya. Yang nantinya dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan air bersih masyarakatnya,” ungkapnya.

Menurut Deni, konsep PDAM Desa tersebut diharapkan kedepannya apabila terealisasi, dapat memberikan dampak positif pada masyarakat setempat.

“Musim sekarang kan tidak stabil, kadang-kadang musim kemarau bisa panjang, hujannya sedikit. Sehingga keluhan-keluhan dari masyarakat, ketika mereka punya mata air tapi masih kekeringan,” ucapnya.

“Ini konsep dari Kepala Desa yang baru sangat bagus. Ingin memanfaatkan air yang terbuang untuk disalurkan ke rumah-rumah untuk dimanfaatkan oleh warganya,” imbuhnya.

Deni mengaku siap membantu aspirasi Desa tersebut. Menurutnya yang terpenting tidak menyalahi aturan.

“InsyaAllah, kalau itu memang positif dan sesuai dengan kewenangan saya, saya akan membantu mereka sebaik mungkin,” tuturnya.

“Yang kedua, dilihat sesuai kebutuhannya, mungkin bisa bertahap, sesuai dengan kemampuan saya membawa pokok-pokok pikiran DPRD saya disini,” pungkasnya.

(Alex/Ris)