DPRD Sukabumi Gelar Paripurna Dengan Agenda Penyampaian Laporan Banggar Atas Raperda APBD TA 2024

9

berantasonline.com (Sukabumi)

DPRD Kabupaten Sukabumi gelar Rapat Paripurna ke-29 dengan agenda penyampaian laporan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sukabumi atas Raperda Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024.

Rangkaian Paripurna dimulai dengan pengambilan keputusan DPRD Kabupaten Sukabumi atas Raperda APBD 2024 sekaligus penandatanganan Berita Acara Persetujuan Bersama dan penyampaian pendapat akhir Bupati atas Raperda APBD Tahun Anggaran 2024, yang dilaksanakan di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi, Jalan Jajaway, Palabuhanratu, Senin (20/11/2023).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Mutawali usai Paripurna kepada awak media menjelaskan, Paripurna hari ini merupakan rangkaian dari Paripurna sebelumnya setelah menerima nota Bupati kemudian pandangan fraksi lalu pembahasan RAPBD oleh komisi dan tahapan kesepakatan Banggar.

Lanjut Budi Azhar, selanjutnya tindak lanjut Paripurna yang dilaksanakan hari ini yaitu Paripurna penandatanganan kesepakatan antara Pemerintah Daerah dengan DPRD untuk memutuskan RAPBD tahun anggaran 2024 menjadi APBD 2024.

“Anggaran nominal APBD 2024 angka pasti detail saya takut salah ada di catatan sekitar 4,3 triliun yang telah kita sepakati bersama,” ungkapnya.

Selanjutnya sesuai peraturan perundang-undangan, Raperda hasil kesepakatan hari ini akan disampaikan ke Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, kepada Gubernur untuk dievaluasi dan mendapat nomor registrasi.

Budi Azhar menambahkan, agar capaian RPJMD 2024 tercapai, DPRD memberikan penekanan kepada Pemerintah Daerah agar fokus terhadap capaian kinerja RPJMD 2024.

“Jadi kita meminta kepada Pemerintah Daerah supaya fokus memproritaskan membiayai terhadap program-program yang sudah disepakati antara Pemerintah Daerah yaitu untuk capaian RPJM 2024,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi menyatakan apresiasi kepada seluruh Pimpinan maupun Anggota Komisi dan Badan Anggaran DPRD beserta Pemerintah Daerah, TAPD dan Perangkat Daerah yang telah melakukan kajian dan pembahasan atas Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2024.

(Alex/Ris)