Disdik Kabupaten Sukabumi Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Satuan Pendidikan PKBM

26

berantasonline.com (Sukabumi)

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Satuan Pendidikan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) yang bertemakan “Cerdas Berkualitas Dan Bermartabat”, bertempat di Aula Grand Inna Samudra Beach Hotel Palabuhanratu Sukabumi, Sabtu (25/11/2023).

Kadisdik Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha melalui Subkor Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Hamdani mengatakan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan secara mandiri berdasarkan kebutuhan PKBM terkait pengelolaan Lembaga Pendidikan Non Formal.

“Acara ini digagas oleh IPI (Ikatan Penilik Indonesia) Kabupaten Sukabumi, sebagai tanggungjawab melekat, yang tupoksinya memberikan pembinaan kepada Lembaga Non Formal,” ujarnya.

Agenda utamanya, lanjut Hamdani, untuk menyusun Perencanaan Berbasis Data (PBD), Anggaran Sekolah (Arkas 4.0), dan Manajemen Tata Kelola Kelembagaan.

“Kadisdik sangat mengapresiasi terhadap keinginan kuat dan semangat membesarkan Lembaga PKBM, yang membawa pendidikan kesetaraan bermartabat,” ucapnya.

Lebih lanjut Hamdani mengungkapkan, PKBM adalah Lembaga Pendidikan Non Formal yang harus di manaj secara profesional.

“Kedepannya PKBM akan diberi anggaran khusus oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi untuk peningkatan kompetensi para guru di PKBM,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Hj. Elis Saja’ah menambahkan, materi terkait dengan Arkas 4.0 yang di dalamnya membahas pengelolaan keuangan Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP).

“Untuk memanaj dalam pengelolaan keuangan, itu dengan Arkas 4.0,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala PKBM dan Operator se-Kabupaten Sukabumi sebagai peserta Bimtek, dan sebagai narasumber yakni Dinas Pendidikan, Inspektorat serta Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Sukabumi.

(Alex/Ris)