DPRD Sukabumi Bersilaturahmi Dengan Paguyuban JTM, Warga Berharap Adanya Izin Pertambangan Rakyat

18

berantasonline.com (Sukabumi)

Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Sukabumi, Anwar Sadad, berbicara terkait permasalahan yang dihadapi para penambang di wilayah Pajampangan. Hal tersebut diungkapkan warga pada silaturahmi akbar Paguyuban Jampang Tandang Makalangan (JTM), bertempat di Vila Asabaland Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Kamis (19/10/2023).

“Sangat mengapresiasi adanya silaturahmi bersama warga Pajampangan, dari semua elemen, yang digagas Paguyuban Jampang Tandang Makalangan,” ujarnya.

Poin utama yang tadi diungkapkan warga penambang, lanjut Anwar, dimana hampir ribuan warga Pajampangan selama ini menjadi gurandil untuk menghidupi keluarganya.

“Tentu dengan resiko yang sangat tinggi, baik keselamatan dan keamanannya, mereka berharap adanya izin pertambangan rakyat,” ucapnya.

Menurut Anwar, hal ini sudah dibahas beberapa kali, baik diinternal Fraksi PKB, maupun dengan Komisi 1, bahkan dengan Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi.

“Selama ini, kan kewenangan izin pertambangan ada di Provinsi, tapi kami juga akan mendorong mencari solusi terbaik, tadi sudah diputuskan oleh Ketua DPRD, akan dibahas secara khusus pada audensi Rabu (25 Oktober) mendatang,” jelasnya.

(Alex/Ris)