Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Sukabumi Lantik Dua Camat Menjadi Ketua Kwaran

23

berantasonline.com (Sukabumi)

Pengurus Majelis Pembimbing, Lembaga Pemeriksa Keuangan, dan Ketua Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Cicurug dan Kabandungan masa bakti 2023-2026 dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi, Kak Ade Suryaman, bertempat di SDN Kebonkawung Kecamatan Cicurug Sukabumi, Jum’at (06/10/2023).

Prosesi pelantikan dan pengukuhan ini ditandai dengan penyematan pin dan Ikrar. Camat Cicurug, Ading Ismail dan Camat Kabandungan, Yuki Ramdan Priana dilantik dan dikukuhkan menjadi Majelis Pembimbing Kwaran, sementara Ketua LPK Kwaran Cicurug dipegang Jaelani, dan Kwaran Kabandungan dipegang Lili Puadi. Terakhir, Ketua Kwaran Cicurug dipegang Ihat Rohatikah serta Kwaran Kabandungan oleh Maman Saepul.

Kak Ade Suryaman dalam arahannya menekankan, tugas pokok dan fungsi Gerakan Pramuka di tingkat Kecamatan harus dilaksanakan pasca pelantikan ini. Mulai dari perencanaan yang baik serta sesuai dengan Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Sukabumi.

“Selain itu, terus lakukan inovasi untuk kemajuan Pramuka di tingkat Kecamatan,” pintanya.

Ditekankan pula, pengurus yang baru ini harus mengingat tiga poin penting. Pertama, sosialisasi kepengurusan yang baru. Kedua, pengurus yang baru ini harus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai pihak. Ketiga, pengurus Kwaran harus selalu responsif dan berpartisipasi aktif terhadap seluruh program dan kegiatan Gerakan Pramuka di Kwaran masing-masing.

“Terutama kegiatan yang secara nyata dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, hal tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan terorganisir melalui wadah Pramuka Peduli sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan situasi yang kurang menguntungkan yang dialami oleh masyarakat.

“Seperti kemarin, Pramuka ikut peduli dan berpartisipasi aktif dalam giat pembersihan sampah di pantai,” pungkasnya.

(Alex/Ris)