Kerjasama UPI Dengan Pemkab Sukabumi, Bupati Minta Berbagai Masukan Dalam Menggali Potensi

21

berantasonline.com (Sukabumi)

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menerima kunjungan dari Program Studi Pendidikan Seni Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), bertempat di Pendopo Sukabumi, Jum’at (13/10/2023).

Kunjungan yang dipimpin langsung Ketua Program Studi Pendidikan Seni Sekolah Pascasarjana UPI, Prof. Juju Masunah ini, menyampaikan implementasi kerjasama antara UPI dengan Pemkab Sukabumi yang telah ditandatangani sejak 2022 lalu. Terutama mengenai pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan SDM.

Prof. Juju mengatakan, terdapat berbagai kegiatan yang bisa dilaksanakan atas kerjasama antara UPI dan Pemkab Sukabumi. Namun, baru beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dalam hal pengabdian dan penelitian kepada masyarakat. Terutama dari sisi memajukan kebudayaan dan pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Sukabumi.

“Sudah ada beberapa kegiatan yang kami lakukan di Kabupaten Sukabumi yang melibatkan sejumlah komunitas. Seni Wisata Pendidikan dan Festival ╦«Aku dan Bambu╦« menjadi salah satu yang dikebangkan bersama Yayasan Bumi Karuhun Kadudampit (YBKK),” ujarnya.

Kegiatan ini, sebagai ajakan pula terhapat komunitas kreatif untuk bangkit dan berinovasi. Sehingga, seni budaya bisa berkembang.

“Ketika ini digerakkan, sanggar bisa hidup, seniman berinovasi dan akhirnya menjadi atraksi budaya yang dapat menjadikan daya tarik pariwisata,” ucapnya.

Dalam mewujudkan itu semua, UPI bersama YBKK mengawalinya dengan mengembangkan SDM. Hal itu melalui pertunjukan yang terintegrasi antara lingkungan bambu dengan seni budaya.

“Jadi dalam pertunjukan nanti, ada teater, tari, hingga sajak yang mengangkat kearifan lokal Kabupaten Sukabumi. Sehingga, goal akhirnya bisa menjadi kawasan wisata baru,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi mengapresiasi dan bersyukur UPI bisa berkiprah di daerahnya. Terutama dalam membantu menggali potensi di Kabupaten Sukabumi.

“Saya berterima kasih atas kerjasama ini,” singkatnya.

Apalagi, lanjut Bupati, Kecamatan Kadudampit menjadi salah satu wilayah yang seninya relatif banyak. Berkaitan implementasi kerjasama ini, Bupati meminta berbagai masukan dari UPI.

“Kami pun terus mendorong berbagai event untuk memunculkan segala potensi di Kabupaten Sukabumi. Hal itu bisa semakin baik ketika ada masukan-masukan dari UPI. Akan kami catat semua itu,” ucapnya.

(Alex/Ris)