Ribuan Rumah Dipasang Listrik Gratis Melalui Program BPBL, Bupati: Mudah-mudahan Bisa Meningkatkan UMKM

10

berantasonline.com (Sukabumi)

Ratusan rumah di Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi telah teraliri listrik. Hal itu terjadi berkat program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, PT. PLN (Persero), PT. Icon Plus. Di mana semua itu didorong melalui aspirasi perwakilan DPR RI di Komisi VII.

Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat 1.703 penerima program BPBL di Kabupaten Sukabumi. Jumlah tersebut tersebar di 26 Kecamatan. Dimana, salah satunya Desa Sukamanis mendapatkan 107 BPBL untuk masyarakatnya.

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengaku bersyukur masyarakat Desa Sukamanis bisa memiliki listrik secara pribadi. Apalagi, listrik sudah menjadi kebutuhan pokok di era saat ini.

“Warga Desa Sukamanis sebetulnya telah ada listrik di setiap rumahnya. Namun, mereka nyolok dari tetangganya. Sekarang mereka telah memiliki kWh sendiri. Lewat program ini, mereka tidak perlu nyolok ke tetangga lagi,” ujarnya saat menghadiri peresmiaan dan penyalaan pertama BPBL di Desa Sukamanis, Sabtu (14/10/2023).

Bupati meyakini program pemasangan listrik gratis ini dapat menciptakan miltiplier efek bagi masyarakat. Terutama dari sisi kesejahteraanya.

“Pasti akan banyak perubahan positif pasca adanya aliran listrik sendiri di setiap rumah warga. Mudah-mudahan bisa meningkatkan UMKM dan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Havidz Nazif mengatakan, program ini terbentuk atas inisiatif bersama. Sebab, listrik telah menjadi kebutuhan bersama.

“Lewat kolaborasi, program ini bisa dibentuk dan diimplementasikan. Semoga program ini benar-benar bisa menggerakkan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Vice President Pengembangann Listrik Desa dan Sistem Isolated PT. PLN (Persero), Lambas Richard Pasaribu menambahkan, para penerima program ini telah memenuhi syarat yang telah ditentukan. Hal itu terutama bagi rumah yang belum teraliri listrik.

“Nanti ada validasi dulu sebelum ditetapkan sebagai penerima manfaatnya,” bebernya.

Selain itu semua, PLN berkomitmen untuk untuk mengaliri listrik rumah masyarakat di Indonesia. Hal itu sebagai upaya mendorong peningkatan taraf hidup masyarakat.

“Kita berkomitmen untuk berkontribusi dalam meningkatkan taraf hidup dan listrik yang lebih baik,” tandasnya.

(Alex/Ris)