Tutupnya PT Manito World Sukabumi, Ketua DPRD: Dampak Krisis Ekonomi Global

54

berantasonline.com (Sukabumi)

PT Manito World Sukabumi, yang berlokasi di Kampung Benda, RT 01 RW 01, Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, sudah tidak melakukan aktivitas lagi. Hal tersebut ditanggapi Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara.

“Kami baru saja mendapatkan berita, bahwa ada perusahaan yang menutup perusahaannya, dimana memang Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, sudah saya perintahkan untuk berkomunikasi dengan perusahaan PT Manito itu,” kata Yudha, Minggu (15/10/2023).

Bukan hanya itu, pihaknya juga sudah memerintahkan jajarannya, khususnya Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, untuk turun secara langsung ke lokasi pabrik tekstil PT Manito World yang melakukan PHK kepada ribuan karyawannya, karena dampak krisis ekonomi global hingga menyebabkan perusahaan tersebut, gulung tikar atau tutup.

“Saya sudah meminta kepada Ketua Komisi IV, Pak Hera Iskandar untuk turun ke tempat tersebut untuk bisa mengambil langkah-langkah secara ke DPRD-an. Iya, secara aturan DPRD bisa mengakomodir kepentingan masyarakat,” ungkapnya.

Dirinya menilai, krisis ekonomi global memang berdampak besar di wilayah Kabupaten Sukabumi, khususnya untuk dunia industri tekstil atau garment yang melakukan ekspor impor ke negara bagian Eropa dan Amerika.

“Kami berharap hal ini tidak terus berlanjut. Iya, seperti penutupan pabrik, pengurangan tenaga kerja. Karena, jika itu masih berlangsung. Maka, secara otomatis angka penggangguran di wilayah Kabupaten Sukabumi, akan meningkat,” timpalnya.

“Jadi, kita do’akan supaya perusahaan-perusahaan ini pun bisa berkegiatan di dunia bisnis mereka ini,” pungkasnya.

(Alex/Ris)