HJKS Ke-153 Berlangsung Meriah, Plt Kadisdik: Perayaan Ini Memiliki Makna Mendalam Bagi Masyarakat Dan Pemda

39

berantasonline.com (Sukabumi)

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) ke-153 berlangsung meriah di Monumen Palagan Bojongkokosan, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (02/09/2023).

Staf Ahli Bupati Sukabumi Bidang Kemasyarakatan dan SDM sekaligus Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Jujun Juaeni mengungkapkan, perayaan ini memiliki makna mendalam bagi masyarakat dan Pemerintah Daerah (Pemda).

“Budaya dan cerita adalah upaya Pemerintah Daerah untuk mengajak masyarakat bisa melihat masa lalu Kabupaten Sukabumi dan berpikir kedepan. Dari cerita masa lalu itu, ada nilai-nilai yang bisa kita kembangkan untuk kemajuan dimasa depan,” ujarnya.

Sebagai Plt Kepala Dinas Pendidikan, Ia menekankan peran aktif Dinas Pendidikan dalam merayakan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi.

“Kami selalu berpartisipasi aktif dengan mengerahkan seluruh potensi, baik peserta didik, guru, maupun tenaga kependidikan. Ini terlihat dalam berbagai lomba dan sajian kuliner di setiap event dan di setiap wilayah,” katanya.

Perayaan ini juga menampilkan lebih dari 47 UKM (Usaha Kecil Menengah) dari berbagai Kecamatan yang memiliki keunggulan unik masing-masing.

“Memang tidak ditampilkan semua, tetapi ada perwakilan dari 7 wilayah yang mengedepankan atau menyajikan serta menampilkan bakat-bakat dan kuliner-kuliner yang menjadi ciri khas dari masing-masing wilayah,” jelasnya.

Terdapat kelompok kuliner, kelompok keterampilan, dan kelompok ilmu pengetahuan yang menampilkan bakat dan kuliner khas dari wilayah mereka.

“Semua stan yang ada di perayaan ini sangat menarik dan siap dikunjungi serta memberikan kepuasan kepada pengunjung. Kami berharap perayaan ini membawa kebahagiaan bagi masyarakat dan aparat kepemerintahan di Kabupaten Sukabumi,” ucapnya.

(Alex/Ris)