Langgar Aturan, Sekdakab Sukabumi Minta Pembangunan di Blok Gunung Sumping Ditertibkan

63

berantasonline.com (Sukabumi)

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman memimpin Rapat Pembahasan Penataan Lahan Pemerintah Daerah (Pemda) di Blok Gunung Sumping, Bukit Senyum, Palabuhanratu, bertempat di Pendopo Sukabumi, Kamis (31/08/2023).

Rapat digelar terkait adanya perintah dari Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami untuk menghentikan pembangunan tanpa ijin di Blok Gunung Sumping yang merupakan milik Pemda.

Pada kesempatan tersebut, Sekda mengatakan, bahwa adanya pembangunan di Gunung Sumping dilaksanakan tanpa adanya pemberitahuan terhadap Pemda Kabupaten Sukabumi selaku pemilik lahan.

“Beberapa waktu yang lalu kita melihat adanya pembangunan di Gunung Sumping , yang mana setelah ditelusuri ternyata pembangunan itu tanpa pemberitahuan dan tidak memiliki ijin. Selain itu, lahan yang dipergunakan adalah milik lahan Pemda Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sekda mengatakan, dalam hal ini perlu adanya penertiban oleh Pemerintah Daerah, karena ada beberapa peraturan yang telah di langgar seperti Kepemilikan, Perijinan, Tata Ruang dan Lingkungan.

“Oleh karena itu harus ada penertiban, karena ini adalah lahan Pemda yang memiliki kekuatan hukum,” tegasnya.

(Alex/Ris)