Pemkab Sukabumi Gelar Upacara Taptu, Kenang Perjuangan Para Pahlawan Merebut Kemerdekaan

50

berantasonline.com (Sukabumi)

Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar Upacara Penetapan Waktu (Taptu) dan pawai obor menjelang HUT RI ke-78 di Jalan Siliwangi Palabuhanratu. Upacara tersebut dipimpin Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede, yang dihadiri oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman beserta pejabat tinggi lainnya, Rabu (16/08/2023).

Ribuan masyarakat dari berbagai lapisan sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, tak lain untuk mengikuti pawai obor. Upacara Taptu dan pawai obor merupakan bagian tak terpisahkan dari rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI setiap tahunnya. Hal itu sebagai upaya mengingatkan kembali perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Tidak sekedar itu, Pawai obor pun dinilai sebagai bentuk juang untuk menumbuhkan rasa patriotisme. Sehingga, pawai obor ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi khususnya masyarakat Palabuhanratu untuk turut serta memeriahkannya.

Peserta pawai obor akan mengitari Ibukota Kabupaten Sukabumi, mulai dari depan Pendopo Palabuhanratu di Jalan Siliwangi menuju ke Jalan Pasar Palabuhanratu hingga ke Jalan Pangsor dan kembali finish di depan Pendopo.

Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede mengatakan, upacara Taptu dan Pawai Obor ini bermaksud untuk membangkitkan semangat daripada perjuangan masyarakat Kabupaten Sukabumi dalam rangka menjaga dan merayakan Hari Kemerdekaan Negara Kesatuan RI.

Dirinya berharap, generasi penerus bangsa untuk mengisi kemerdekaan ini dengan kemampuan dan inovasi yang dimiliki oleh setiap individu untuk mengisi pembangunan yang dapat mensejahterakan masyarakat serta memajukan Indonesia menjadi Go Internasional.

Diakhir acara ditandai dengan penyalaan obor oleh Inspektur Upacara, AKBP Maruly Pardede, diikuti dengan penyalaan oleh peserta pawai.

(Alex/Ris)