Santri Al Hikmah Krui Turut Meriahkan Agustusan

4

Berantasonline.com (Krui) —

Pesantren Tahfidz Alqur’an Al Hikmah Krui merayakan peringatan HUT RI ke 78 dengan menggelar berbagai macam perlombaan, lomba dilaksanakan di kampus pesantren Al Hikmah di Jalan Bah Pala pekon Way Redak kecamatan Pesisir Tengah, Ahad (20/08/2023).

Disampaikan Ustadz Abdul Gofur Al Batavi selaku salah satu guru pembimbing di pesantren Tahfidz Alqur’an Al Hikmah Krui saat ditemui dilokasi lomba, bahwa perlombaan yang dilaksanakan bertujuan selain sebagai ajang silaturahmi antara Pesantren Al Hikmah Krui dengan masyarakat sekitar juga sebagai upaya menanamkan rasa cinta para santri terhadap bangsa yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ucapnya.

Peserta dalam lomba perayaan HUT RI ke 78 tersebut selain diikuti santri pesantren Al hikmah itu sendiri, beberapa murid yang berasal dari beberapa TPA yang ada di pekon Way Redak juga turut ambil bagian. Adapun lomba yang digelar yakni, lomba Azan, lomba baca Al Qur’an, lomba cerdas cermat, sepak bola, lomba makan kerupuk dan lomba berjalan sambil membawa kelereng.

Sementara itu Kasi Pendidikan Islam Kankemenag Pesisir Barat, Ahmad Khotob, S.Ag., M.M melalui pesan WhatApp memberikan apresiasi terhadap kegiatan pesantren Al Hikmah.

Menurut dia, pesantren mempunyai fungsi strategis sebagi garda terdepan dalam mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sejak jaman kemerdekaan hingga saat ini. “Ulama dan pengasuh ponpes merupakan tokoh yang mempunyai fungsi signifikan sebagai pengayom dan pemersatu umat”, kata dia.

Masih kata Khotob, Ponpes merupakan lembaga yang secara empiris telah terbukti dan ikut serta mencerdasakan anak bangsa dan memiliki peran vital dan strategis dalam menyukseskan pembangunan nasional. “Bukan hanya itu, dalam merebut dan mempertahankn kemerdekaanpun, madrasah dan pondok pasantren melalui kyai dan santrinya memegang andil yang sangat besar”, imbuhnya.

Khotob berharap dengan acara silaturahmi saat peringatan HUT RI bisa merekatkan ukhwah antar pengurus ponpes dengan masyarakat sekitar dan meneguhkan komitmen untuk merawat dam menjaga NKRI ditengah gerusan dan rongrongan dari berbagai arah.

(Benk)