Dugaan Penyalahgunaan Dana BOS Di SMP Islam Kabandungan, Kejari Panggil Sekdis Pendidikan Kab Sukabumi

1

berantasonline.com (Sukabumi)

Dugaan penyalahgunaan anggaran Biaya Operasional Sekolah (BOS) senilai kurang lebih 200 juta rupiah di SMP Islam Kabandungan Kabupaten Sukabumi terkuak setelah adanya temuan Irjen Pendidikan.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Khusyairin, penuhi panggilan Kejaksaan Negeri (Kejari) beralamat di Jl. Karangtengah Cibadak Kabupaten Sukabumi guna dimintai keterangan atas dugaan penyalahgunaan dana BOS yang diduga dilakukan oleh oknum Kepala Sekolah, Kamis (13/07/2023).

“Hari ini saya dipanggil oleh penyidik Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi terkait perkara dugaan penyalahgunaan dana BOS sebesar 2 ratus jutaan lebih,” ujarnya.

Khusyairin menjelaskan, anggaran BOS SMP Islam tersebut digelontorkan dari Irjen, dan dugaan penyalahgunaan dana BOS juga itu hasil temuan dari Irjen Pendidikan. Kita hanya memfasilitasi sebagaimana mestinya bahkan setiap kali pencairan selalu diadakan bimbingan teknis, arahan dari pihak Irjen Pendidikan untuk menutup Sekolah tersebut.

“Sebetulnya sudah diperingatkan oleh pihak Irjen untuk mengembalikan semua dana BOS terhitung 60 hari kerja, namun oknum Kepala Sekolah itu sama sekali tidak mengembalikan dana BOS tersebut. Sehingga permasalahan ini ditangani oleh pihak Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi,” jelasnya.

SMP Islam Kabandungan merupakan Sekolah Swasta milik salahsatu Yayasan di wilayah Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi. Kasus penyalahgunaan dana BOS tersebut saat ini masih dalam proses penyidikan Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi.

(Alex/Ris)